Waktu Ganti Oli Gardan Yang Tepat Dan Efeknya

Waktu Ganti Oli Gardan – Seringkali pengguna motor tidak terlalu fokus dengan perawatan motor miliknya. Padahal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan contohnya adalah penggantian oli transmisi atau oli gardan. Tak sedikit yang melupakan hal tersebut dan lebih parahnya lagi ada yang tidak tahu sama sekali keberadaan gardan ini.

Melewatkan waktu ganti oli gardan merupakan hal yang sangat disayangkan karena akan berimbas pada kerusakan komponen transmisi. Akibat jika tidak diganti dengan oli transmisi yang baru secara rutin, maka mesin motor akan mengalami mengalami pengikisan dan motor bisa menjadi aus.

Jika mesin motor sudah rusak, maka biaya perbaikan akan menjadi lebih menguras kantong Anda. Setiap produsen motor mempunyai ketentuan ambang batas waktu ganti oli transmisi yang berbeda-beda dimana kali ini VTCONLINE.CO.ID akan memberikan informasi menarik menggenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan.

Perbedaan ini tergantung tingkat pemakaian dari masing-masing pengguna. Di samping itu, jika jadwal penggantian komponen oli transmisi atau oli gardan tersebut Anda lewatkan atau hanya diabaikan atau sengaja dimundurkan, maka tidak menutup kemungkinan akan muncul pengaruh negatif yang menyerang sistem transmisi secara otomatis.

Waktu Ganti Oli Gardan Yang Tepat

Waktu Ganti Oli Gardan Yang Benar

1. Fungsi Oli Gardan

Oli transmisi atau oli gardan memiliki fungsi sebagai komponen yang menghaluskan kinerja transmisi otomatis yang komponennya saling bergesekan. Ciri-ciri kerusakan pada gardan biasanya dibarengi dengan suara berisik yang berasal dari box CVT motor Anda. Untuk menghindari hal-hal demikian termasuk kerusakan transmisi, maka Anda perlu melakukan jadwal waktu ganti oli gardan.

2. Waktu Ideal Penggantian Oli Transmisi

Waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli gardan sebaiknya dilakukan dengan patokan 1 : 3 dengan oli mesin. Jadi, jika Anda telah melakukan ganti oli mesin sebanyak 3 kali, maka inilah waktu ideal untuk ganti oli transmisi. Anda tak harus sering mengganti oli gardan dikarenakan kinerja gardan tidak sebesar penggunaan oli mesin. Oli transmisi hanya berperan sebagai pelumas roda gigi.

Anda perlu melakukan penggantian oli transmisi pada saat jarak tempuh sudah mencapai 8000 km atau saat pemakaian motor sudah mencapai umur 8 bulan. Jika lebih dari pencapaian 8000 km atau lebih dari umur 8 bulan, maka sebaiknya Anda segera melakukan jadwal waktu ganti oli gardan.

3. Efek Jarang Ganti Oli Gardan

Fungsi oli gardan motor sangat penting sekali untuk melumasi gear ratio pada sistem transmisi. Hal tersebut dilakukan agar perputaran sistem mesin menjadi lebih lancar. Hal ini termasuk penting jadi lebih baik Anda memiliki penanda waktu untuk mengganti oli gardan secara teratur. Jika tidak maka imbasnya bisa membuat gear ratio rusak, cirinya adalah muncul suara bising di dalam box CVT. Hal ini dikarenakan kekentalan oli sudah berkurang sehingga gesekan antar komponen terjadi tanpa adanya pelumasan yg maksimal.

4. Cara Mengganti Oli Gardan

Bukan merupakan hal yang sulit dalam melakukan jadwal waktu ganti oli gardan bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Langkah pertama dalam mengganti oli gardan adalah dengan menyediakan kunci T-12 untuk membuka baut Out yakni baut untuk mengeluarkan oli. Selain itu, Anda perlu menyediakan sebuah wadah untuk menampung oli gardan bekas.

Selanjutnya, pastikan oli gardan motor Anda telah terkuras habis. Kemudian tutup kembali baut Out dan bukalah baut In untuk menuangkan oli gardan baru pada bak transmisi motor Anda. Jangan lupa untuk hanya mengganti dengan oli khusus gardan yang sesuai dengan mesin motor Anda.

Sebenarnya batas waktu ganti oli gardan telah tercantum di dalam buku servis bawaan motor masing-masing saat pertama kali pembelian. Jika Anda masih merasa bingung, Anda sebaiknya perlu melihat buku servis. Di dalam buku servis akan jelas tercantum jadwal penggantian berbagai komponen mesin motor termasuk oli gardan.

Jadwal penggantian oli transmisi tersebut berlaku bagi seluruh pengguna motor yang dipakai sehari-hari namun dengan intensitas pemakaian yang wajar atau jarak tempuh normal. Namun, bagi Anda para pengguna motor yang mempunyai intensitas penggunaan yang lebih tinggi seperti halnya pengangkut barang atau penumpang, maka Anda harus melakukan penggantian komponen oli transmisi atau oli gardan ini lebih cepat dari biasanya.

5. Harga Oli Gardan

Harga oli gardan untuk masing-masing pabrikan tidak seluruhnya dipukul rata. Harga oli gardan berbeda-beda. Dilansir laman resmi suatu pabrikan motor terkenal, mereka membanderol per botolnya untuk ukuran 120 ml seharga Rp13 ribu hingga Rp15 ribu. Tipe mesin motor juga memengaruhi harga komponen mesin termasuk oli gardan. Kisaran harga tersebut belum termasuk biaya jasa servis dan pemasangan.

Penting bagi Anda untuk tidak melewatkan waktu ganti oli gardan motor sebelum motor Anda terlanjur mengalami kerusakan. Kerusakan mesin motor bisa jadi menelan banyak dana jika dibandingkan merawat motor secara rutin dan terjadwal. Simak juga informasi menarik lainnya menggenai “Fungsi Batang Piston Pada Kendaraan Bermotor” pada informasi vtc sebelumnya.