Penyebab Oli Power Steering Bocor & Cara Mengatasinya

Penyebab Oli Power Steering Bocor – Apakah kamu pernah mengalami kebocoran pada oli power steering mobil? Jika jawabannya iya, maka kamu harus selalu waspada dan tanggap akan hal ini. salah satu yang dapat kamu lihat apabila mengalami kebocoran yaitu dengan melihat kolong mobil. Biasanya apabila terjadi kebocoran akan terlihat berupa tetesan oleh dengan warna merah gelap.

Sistem power steering sendiri dibuat agar dapat meringankan beban pengemudi ketika hendak membelokkan setir. Sehingga kemudi akan tampak lebih ringan. Kamu juga dapat memilih ingin menggunakan sistem power steering, yaitu tipe hidrolik dan tipe elektrik.

Jika kamu belum mengetahui apa itu sebenarnya oli power steering . maka sebenarnya itu ialah fluida yang digunakan untuk sistem power steering tipe hidrolik. Apabila mobil kamu menggunakan EPS (Elektronik Power Steering) maka itu bukan oli power steering sehingga jangan tidak menjadi penyebab oli power steering bocor, sebab EPS tidak menggunakannya.

Menjaga oli power steeringa agar awet dan tidak bocor merupakan sebuah pilihan yang harus kamu upayakan, meskipun demikian VTCONLINE.CO.ID akan memberikan informasi menggenai kiat mengatasi kebocoran pada steering yang bocor. Lalu, sebenarnya apa sih yang bisa menyebabkan kebocoran oli power steering? Yuk, intip langsung di bawah ini.

Penyebab Oli Power Steering Bocor

Penyebab Oli Power Steering Bocor

1. Selang Retak/Pecah/Tertekuk

Penyebab oli power steering bocor yang pertama ialah seringnya selang mengalami keretakan atau pecah atau tertekuk. Hal ini dikarenakan selang power steering apabila terkena teriknya panas mesin dan sudah lama usianya. Sehingga harus diganti. Jadi, tidak heran bila karena itu oli power steering menetes. Namun, jika selang hanya pecah, tidak perlu khawatir karena biasanya yang ditimbulkan hanya tetesan-tetesan kecil di permukaan lantai.

Lalu, bila selang tertekuk akan membuat terhambatnya sirkulasi oli power steering sehingga setir mobil terasa berat. Masalah ini tidak bisa disepelekan sebab akan menyebabkan selang bocor lalu pompa akan rusak atau jebol, sehingga abalia sudah terasa ada masalah dengan setir mobil kamu maka jangan lupa untuk mengecek selang oli power steeringnya.

2. Klem Selang yang Kendor/Terlepas

Penyebab oli power steering bocor yang kedua ialah apabila klem selang kendor atau terlepas. Klem selang sendiri biasanya hanya dipasang dengan klem sekrup atau klem pegas. Lalu, apabila sudah dimakan usia, maka tidak menutup kemungkinan untuk bocor, sebab klem sudah tidak bisa menahan selang untuk tetap berada pada posisinya.

Klem yang sudah rapuh atau ketika memasangnya kurang klik atau klop juga akan menyebabkan kebocoran, hal ini terjadi apabila selesai melakukan perbaikan. Langkah apabila kamu menemukan tetesan oli power di lantai maka kamu bisa mengecek, apakah klemnya bermasalah atau tidak. apabila bermasalah, kamu hanya perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk harganya terjangkau dan cara memasangnya juga mudah.

3. Seal Pada Steering Rack Bocor atau Rusak

Penyebab oli power steering bocor ketiga yaitu adanya seal pada steering rack bocor. Perlu kamu ketahui bahwa, seal ini memiliki fungsi untuk mencegah kebocoran pada oli power steering. Sebab, apabila rusak sedikit saja akan bocor. Jika dilihat etika mobil tidak bergerak, maka tidak tampak. Namun, apabila mobil bergerak maka kebocaran dalam skala besar akan terjadi dan itu akan berbahaya.

Jadi, kamu bisa mengeceknya dengan cara menghidupkan mesin lalu membelokkannya ke kir atau ke kanan. Oleh karena itu, akan kamu dapati tanda apakah seal rack power steering bocor atau tidak. Solusinya tetap sama yaitu dengan menggantinya dengan yang baru, walau ada beberapa bengkel yang bisa mengganti sealnya saja, tetapi lebih baik jangan. Sebab, aka nada kebocoran lainnya di titik yang berbeda. Jadi, apabila ada uang, lebih baik diganti baru.

Kerusakan seal rack power steering bukan cuma menjadi penyebab oli power steering bocor, kamu juga harus mengeceknya secara berkala. Adakalanya kamu merasakan bahwa power steering berat, tetapi oli aman dan normal. Untuk itu ada kemungkinan bahwa  pompa power steering yang rusak, sebab bila terlalu dipaksakan maka pompa power yang akan rusak, walau sudah diperbaiki. Jadi, biasakan untuk mengeceknya dengan teliti dan rutin, agar senantiasa aman.

Jika pun bisa pompanya diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah lainnya. Sehingga apabila kamu sudah ada uang untuk menggantinya dengan yang baru, maka lebih baik yang baru saja dang anti yang lama. Sebenarnya, keruskan pada pompa tidak lah menyebabkan kerusakan pada bagian lainnya.

Hanya saja akan menimbulkan bunyi yang menganggu dan tidak sedap didengar. Apalagi bila bunyinya nyaring dan kasar. Simak juga informasi menarik lainya dari VTCONLINE setiap harinya seperti “Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mati Total” pada informasi sebelumnya.

Jadi, setelah membaca penjelasan di atas, apakah sudah paham apa penyebab oli power steering bocor,jika sudah maka jangan sampai mobil kamu kebocoran. Selalu rajin mengeceknya berkala. Agar tetap nyaman dalam berkendara dan safety. Oleh karena itu, jika sudah menemukan sedikit saja kebocoran, segera diperbaiki agar bisa kembali digunakan. Semoga bermanfaat!