5 Penyebab Motor Mati Mendadak Saat Jalan

Penyebab Motor Mati Mendadak – Motor sampai saat ini masih menjadi salah satu alat transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat terutama di Indonesia. Alasannya karena dengan menggunakan sepeda motor kita bisa mengatasi kemacetan yang sering kali terjadi di jalanan terutama di kota – kota besar. Selain itu juga menghemat waktu ketika berpergian. Maka tidak heran, motor hingga saat ini sering kali menjadi pilihan masyarakat.

Sebagai bikers tentunya sudah menjadi kewajiban bagi mereka untuk merawat sepeda motornya, karena hal ini merupakan hal yang sangat penting agar performa motor tersebut tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan, namun disisi lain juga ada saja beberapa orang yang mengabaikan hal ini walaupun sangat penting sekali sehingga yang terjadi bisa saja moto mendadak mati ketika sering berkendara, hal tersebut pastinya sangat menjengkelkan.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang sering mengalaminya ? ketika Anda sedang menikmati perjalanan dengan motor yang Anda sukai tiba – tiba mati ataupun juga mogok secara mendadak walaupun sebelumnya tidak ada keluhan hal tersebut. yang terjadi pastinya Anda akan panic apalagi sedang berada jalanan. Mau tidak mau Anda harus mendorongnya sampai ke tempat perbaikan.

Penyebab motor mati mendadak saat jalan, bisa terjadi karena berbagai factor atau alasan. Nah berikut ini adalah beberapa alasan atau penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi pada motor Anda.

Solusi dan Penyebab Motor Mati Mendadak 

Penyebab Motor Mati Mendadak

1. Kehabisan Bahan Bakar

Hal yang sering terjadi yang menyebabkan motor kita mati mendadak ketika berada di jalanan biasanya yang menjadi penyebab paling utama dan klise adalah motor Anda kehabisan bahan bakar. Seperti yang kita tahu bahwa tanpa bahan bakar motor tersebut pastinya tidak akan berjalan apalagi bila habis.  Nah maka dari itu tidak perlu panic terlebih dahulu, coba cek terlebih dahulu apakah bahan bakar kamu sudah habis karena lupa mengisi ulang atau tidak.

Bagi kamu yang mungkin sering kali menunda – nunda untuk mengisi bahan bakar sehingga kosong lalu baru disisi tentunya harus berhati – hati, alasannya bisa ada bahaya yang membayangi apalagi bagi motor injeksi. Nah motor jenis yang satu ini tentunya tidak boleh kehabisan bensin, apabila hal tersebut sering kali terjadi maka bisa aja menjadi penyebab motor mati mendadak saat jalan serta menjadi penyebab kerusakan pada pompa bahan bakar lalu akan merembet pada komponen lainnya yang tentunya akan berakibat fatal. Maka dari itu Anda harus berhati – hati.

2. Terdapat Masalah Pada Kabel Busi

Selain di poin atas tentunya terdapat alasan lain yang menjadi penyebab motor mati mendadak saat jalan. Salah satunya adalah kabel busi yang mungkin bermasalah karena apabila hal tersebut terjadi tentunya tidak dapat menghasilkan percikan listrik. Apabila arus lirstrik tidak ada maka busi pada motro pun secara otomatis tidak bisa berjalan serta pembakaran pun tidak akan terjadi sementara. Maka lakukanlah perawatan secara rutin supaya hal ini terjadi.

3. Busi Yang Kotor

Selain terjadi masalah pada kabel busi, juga bisa saja busi pada motor kotor.  Karena dengan begitu motor bisa mengakibatkan brebet sebelum pada akhirnya motor tersebut mati. Hal yang mesti kita lakukan adalah dengan membuka busi menggunakan kuncinya. Setelah itu kamu dekatkan pada blok mesin lalu nyalaman kick starter. Apabila busi mmercikan api biru berarti motor Anda tidak bermasalah, namun apabila merah maka busi tersebut kotor sehingga harus segera Anda ganti dengan yang baru.

Penyebab Motor Tidak Bisa Nyala

4. Tersumbatnya Ventilasi Pada Tangki Bensin

Perlu kamu ketahui bahwa di poin ini salah satu penyebab motor mati mendadak saat jalan yang sering kali terjadi. Nah lubang kecil pada motor ini tentunya sangat penting sekali untuk mengalir ataupun tidaknya bahan bakar pada kendaraan kamu. Nah apabila motor kamu tiba – tiba mati dalam keadaan bensin yang masih penuh. Cobalah untuk mengecek lubang kecil yang terdapat pada tutup tangki pada bensin.

Ventilasi pada tangki bensin ini memiliki fungsi sebagai menyamakan tekanan, apabila lubang tersebut tertutup maka bisa jadi sirkulasi udara tidak akan berjalan dengan lancer serta bensin pun akan tertahan. Dengan begitu bahan bakar pun tidak akan mengalir ke karburator. Nah hal itulah yang membuat motor kita mati secara mendadak. Selain itu penyebabnya juga bisa karena tertutup uap air ataupun debu yang masuk ke ventilasinya.

5. Mengabaikan Perawatan Rutin

Hal yang menjadi sangat masalah adalah di poin terakhir ini karena seperti yang kita ketahui bahwa sebuah sepeda motor yang tidak dilakukan perawatan secara rutin tentunya akan bermasalah dan berbeda lagi jika motor tersebut dilakukan perawatan secara rutin dan juga berkala maka motor pun akan terhindar dari kerusakan. Perlu kamu ketahui juga bahwa jika kita tidak melakukan perawatan secara rutin bisa jadi hal tersebut yang menjadi penyebab motor mati mendadak.

Itulah beberapa hal seputar penyebab motor mati mendadak saat jalan. Maka dari itu sebagai saran jangan lupakan untuk melakukan perawatan secara rutin dan berkala agar Anda bisa tetap beraktivitas menggunakan kendaraan Anda. Cukup sekian informasi vtconline.co.id kali ini. Jangan lupa simak pula informasi mengenai “Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup” yang kami bahas pada artikel sebelumnya. Sekian & Terima Kasih