4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter & Mengatasinya

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter – Mesin dalam sebuah alat transpprtasi menjadi salah satu komponen terpentin yang seharusnya ada diantara yang lain. Kecanggihan teknologi yang memudahkan segala urusan dan kebutuhan sehari-hari setiap oragng tentu menjadi keuntunga tersendiri. Namun, dari teknologi dan mesin yang tercipta perlu adanya perawatan yang baik untuk sang majikan.

Bukan hany untuk menggunakannya saja, melainkan harus mengetahui, aspek-aspek pentin yang perlu dipikirkan. Daripada nantinya berhadapan dengan mesin yang cepat rusak, tentu hal itu tidak diinginkan. Maka dari itu VTCONLINE.CO.ID memberikan syarat untuk perwat komponen tersebut dengan baik supaya meminimalisir terjadi kerusakan nantinya.

Salah satunya ialah mobil, dengan menggunaka teknologi start stop yang sudah ada berkembang dan maju di Indonesia. Tetapi masih belum bisa menyamakan beberapa fitur yang terkait, terlebih dengan komponen starter yang sudah tidak asing lagi. Kerap kali dijumpai penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter.

Keberadaanya menjadi sangat penting diantara komponen lainnya. Yaitu, fungsinya sendiri tidak lain sebagai penggerak dinamo, yang membuat mobil bisa berjalan atau hidup. Sebab, menggunakan bantuan listrik untuk bekerja yang telah di alirkan oleh aki.

Adapun, dinamon sendiri akan menyala sebelum memprodukasi listri yang telah diperolehnya sendiri terlebih dahulu. sering sekali dijumpai atau setiap orang yang memiliki mobil pernah mengalami kendala pada starter. Masalah yang datang bisa saja karena tidak mau menyala. Beberapa cara saat ini akan diinformasikan kepada kalian semua. Guna menghemat waktu dan mengefisienkan pekerjaan supaya tidak sia-sia.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter

Penyebab Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Distarter

1. Mendorong Mobil

Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter banyak sekali penjelasan, dan dengan berbagai cara bisa diatasi dengan mudah dan begitu saja. Yakni, bila mobil yang kamu kendarai adalah transmisi manual, maka dapat diatas dengan meminta bantuan untuk mendorong mobil. Hal itu dilakukan sambil pengemudi memasukkan persneling ke gigi dua, dengan demikian secara otomatis dan pulih kembali mobil akan menyala dengan nyaman. Cara seperti ini sudah sekali umum diketahui, namun bagi pengendara yang baru akan sulit mendapatkan informasi dengan kendala yang banyak ditemui.

2. Kerusakan Pada Aki

Komponen rusaknya aki yang tidak berfungsi sebagaiman mestinya, menjadi salah satu alasan lain mobil tidak mau menyala. Aki yang mempunyai fungsi sebagai penunjang kelistrikan mobil, karena tentu saja bisa terjadi mobil tidak menyala saat dilakukannya starter. Pada umumnya, saat terjadi suplai listri yang dilakukan aki, maka mobil akan melemah. Yakni dengan adanya dinamo starter yang dalam penggunaan listrik sebagai sumber energi yang tidak mampu mendukung.

3. Brush Pada Dinamo

Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter ialah salhh satu alasannya terdapat pada brush yang ada pada dinamo yang mulai habis. Dinamo pada sebuah mobil memiliki beberapa komponen yang disebut dengan brush atau sikat. Fungsinya ialah sebagai penghubung antara arus listrik dari aki ke rotor, yang lalu berputar sebagaimana harusnya.

Penyaluran listri yang terjadi dari aki rotor ini bisa saja menghambat jalannya jika brush telas aus. Meskipun ketika adanya aki yang keadaannya masih full 12 volt, tetapi tegangan yang hingga ke rotor tersebut menjadi lebih rendah dibanding sebelumnya. Maka dengan itu hasilnya pun lebih lambat pada putaran dinamo starter dan menyebabkan mesin pada mobil susah untuk dinyalakan. Tetapi, penyebab seperti ini bisa saja terjadi atau bisa saja tidak, dengan alasan banyak kemungkinan yang bisa terjadi ketika kendala pada mesin berlangsung.

4. Busi Yang Kotor

Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter memiliki kemungkinan atau alasan lain. Yaitu komponen  busi, yang biasanya paling sering disalahkan ketika keadaan mobil tidak bisa hidup. Komponen ini menjadi salah satu komponen yang bermasalah jika starter mobil tidak bisa menyala. Biasanya, busin yang kotor atau sudah lama sehingga menjadi usang. Hal itu tentu mempengaruhi sistemnya atau fungsinya yang seharusnya mampu menghidupkan mobil.

Pasalnya, busi yang kotor berkemungkinan memperlambat percikan bunga api yang seharusnya ada pada starter supaya dapat bekerja, dan menjadi komponen yang dibutuhkan untuk hal ini. ketika tidak menyala meskipun distarter, dapat dilihat pada kondisi busi di ruang mesin. Jika memang benar kotor adanya, maka dapat dibersihkan dengan cara digosok. Tentu saja digosok dengan menggunakan pembersih khusus.

Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter masih pada busi, yakni telah usang yang sudah tidak bagus kualitasnya lagi. Kondisi atau keadaan ini menjadikan mobil sulit distarter, terlebih masih dalam keadaan yang panas. Berbeda halnya jika mesin telah dingin, maka starter dapat dinyalakan.

Kendala dalam setiap mobil memang berbeda-beda, tergantung usia mobil atau mobil jenis seperti apa yang dipergunakan. Namun, jika dalam penyebabnya sendiri di informasikan dalam skala umum, sehingga memungkinkan pada semua mobil yang tersedia.

Meski demikian Penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter, harus juga mengetahui latar belakang yang mungkin biasanya kendala seperti ini jarang terjadi pada mobil yang kamu miliki. Simak juga nih berbagai informasi menarik lainnya seperti “Fungsi Connecting Rod Bearing” yang mungkin akan bermanfaat untuk pengetahuan kamu.