Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter & Mengatasinya

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter –  Mobil meruapakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia, karena kebutuhan konsumen yang kian tinggi. Kendaraan roda empat ini banyak dipilih karena kapasitas dan kegunaannya yang sosok dengan berbagai keperluan penggunanya.

Namun apa jadinya apabila mobil yang kita miliki mendadak tidak bisa hidup atau susah menyala ketika di starter? Hal tersebut pastinya akan sangat menjengkelkan. Apalagi jika kita sedang dihadapkan pada situasi mendesak dan buru-buru. Jika terjadi hal seperti itu, bukannya selesai urusan akan tetapi bisa menambah masalah.

Ada banyak sekali berbagai masalah umum yang bisa dialami pada mobil. Dan sebenarnya berbagai faktor penyebabnya penting sekali untuk diketahui, sebagai tahap antisipasi dan wawasan dalam hal ini. Oleh karena itu, berikut ini ada penjelasan seputar penyebab mobil susah hidup yang bisa kita ketahui bersama.
Susah Dihidupkan Saat Mesin Mobil Panas

Jenis permasalah pertama yang sering didapati pada mobil, adalah mesin tidak menyala ketika kondisinya sangat panas atau overheat. Berikut VTCONLINE.CO.ID akan memberikan informasi lengkap menggenai Penyebab Mobil Tidak Bisa distarters beserta cara mengatasinya berikut penjelasannya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Mobil Tidak Bisa Distarter

1. Koil Panas

Penggunaan koil dalam permesinan mobil memang menjadi salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan. Jika koil sudah sangat panas, maka bisa menyadi datangnya salah satu penyebab mobil susah hidup. Ketika terjadi ia beresiko mengalami kerusakan yang bisa menyebabkan mesin mobil susah dihidupkan atau di starter.

Mengapa bisa terjadi? Karena cara kerja koil yang secara terus menerus berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik tinggi, lalu akan disalurkan pada aki. Ketika aki dialiri oleh tegangan tersebut, maka misalnya yang semula hanya memiliki tegangan 12 volt bisa bertambah hingga mencapai angka ratuhan bahkan ribuan volt hanya dengan menggunakan bantuan koil ini. karena arus listrik yang tinggi, maka selanjutnya akan diteruskan atau disalurkan pada busi hingga terlihat pijaran apinya.

2. Aliran Bahan Bakar Bermasalah

Penyebab mobil susah hidup lainnya adalah kemungkinan aliran bahan bakar yang bermasalah. Hal ini menjadi salah satu kendala yang banyak seklai dialami para pemilik, dan terkadang masih banyak pengguna yang tidak mengerti apa penyebab dari masalah tersebut. Adanya bahan bakar ini menjadi bahan yang bisa menghidupkan mesin setelah tercampur dengan udara, terkabutkan, hingga menjadi energi penggerak.

Ketika bahan bakar terisi, maka akan disimpan pada penampungnya terlebih dahulu sebelum disalurkan ke mesin. Jika mesin mobil tidak bisa hidup gara-gara hal ini, maka itu artinya bahan bakar tidak teralirkan dengan baik dan belum sampai ke mesin. Dan hal ini bisa terjadi jika kondisi mesin panas.
Masalah Pada Busi

Busi yang bermasalah juga menjadi penyebab mobil susah hidup yang cukup sering dialami pengguna, apalagi jika kondisi mesin mobil sedang panas. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan pengecekan oleh sendir atau melalui bengkel. Jika memang ditemukan kerusakan pada busi, maka harus segera diganti. Selain busi, berbagai elemen lainnya bisa sekalian kamu periksa. Dari sanalah kamu bisa mengetahui berbagai bagian yang sudah rusak, tidak layak, dan memerlukan pembaruan hingga bisa digunakan kembali.

3. Susah Dihidupkan Saat Mesin Mobil Dingin

Tak hanya pada saat kondisi mesin panas, berbagai masalah umum pada mobil juga bisa terjadi ketika mesin sedang dingin sekali pun. Masih banyak yang awam akan hal ini, contohnya ketika masalah datang meskipun mesin mobil semula dalam kondisi mati atau dingin. Untuk itu, berikut berbagai penyebabnya yang bisa sama-sama diketahui.
Mesin Aki Bermasalah

Penyebab mobil susah hidup juga bisa disebabkan oleh masalah pada mesin aki. Jika tegangan baterai atau aki ini tidak memiliki daya yang cukup maka tidak bisa melakukan starter. Untuk mengantisipasinya, maka pemilik harus mengecek secara berkala tegangan mesin aki menggunakan voltmeter.

4. Masalah Pada Busi

Masalah lainnya bisa terjadi pada busi yang mengalami kelonggaran, kotor, atau terlalu rapat. Jika hal ini terjadi maka bisa membuat mesin sulit dihidupkan meskipun awalnya dalam kondisi dingin.

5. Karburator Bermasalah

Karburator juga bisa menjadi penyebab mobil susah hidup lainnya. Katika bagian ini rusak, maka tidak akan bisa dipakai untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara sehingga mesin tidak bisa dihidupkan. Kendalanya bisa terjadi ketika bahan bakar tidak tersalurkan dengan baik ke mesin.
Solusi dan Antisipasi Mesin Mobil yang Sulit Dihidupkan.

Baca Juga Informasi VTCONLINE Lainnya
Biaya Balik Nama MotorWaktu Ganti Oli Gardan

Untuk menghindari berbagai masalah di atas, maka kita perlu mengerti terlebih dahulu bagaimana caranya melakukan antisipasi atau solusi yang tepat. Cara sederhana bisa dijalankan dengan melakukan pengecekan berbagai komponen alam mesin. Ketahuilah jika ada bagian yang terpasang tidak sesuai seperti pada busi, atau kerusakan bagian seperti koil yang terlalu panas dan perlu diganti. Selain itu, lihat apakah tegangan atau daya mesin aki masih mencukupi, dan pastikan aliran bahan bakar masih optimal.