Penyebab Mesin Motor Mati Saat Gas Dilepas & Cara Mengatasinya

Beberapa hal yang menyebabkan mesin motor mati saat gas dilepas serta solusi dalam mengatasinya! Motor merupakan salah satu kendaraan yang sering sekali digunakan oleh banyak orang sehingga tidak heran terkadang motor juga bisa memiliki masalah. Sehingga dalam hal ini pengendara harus mengetahui ada masalah apa yang terjadi di dalam motor karena kalau kamu membiarkan begitu saja masalah yang terjadi. Maka masalah dalam motor bisa saja lebih parah daripada sebelumnya.

Tentu kamu menginginkan motor kamu bebas dari masalah yang terjadi sehingga tidak akan terjadi masalah apapun. Apalagi ditambah kemacetan yang semakin menjadi maka kamu juga harus merawat motor dalam keadaan baik sehingga kamu tidak akan mengalami hambatan jika sedang mengendarai motor. Bahkan tidak jarang kamu mendapati beberapa orang yang mengendarai motor mulai dari anak – anak, remaja, sampai dengan orang dewasa. Bagaimana? Penasaran seperti apa penyebab dan solusinya? Simak sekarang!

Penyebab Mesin Motor Mati Saat Gas Dilepas

penyebab mesin motor mati saat gas dilepas

Ada beberapa penyebab mesin motor mati saat gas dilepas yang perlu kalian ketahuia agar ketika motor kalian mengelami hal tersebut kalian tidak panik dan mampu mengatasi sendiri permasalahan tersebut. Namun kami sarankan jika kalian tidak mengetahui hal tersebut lebih baik motor anda bawa saja ke bengkel motor terdekat agar permasalahan tersebut bisa diketahui dengan pasti dan motor kembali normal seperti sedia kala. Dan berikut adalah beberapa penyebab mesin motor mati saat gas dilepas.

1. Karena Main Jet Mengalami Sumbatan

Penyebab mesin motor mato saat dilepas gas yang pertama ialah karena main jet mengalami sumbatan. Main jet merupakan salah satu saluran bensin yang biasanya terdapat pada motor, sehingga main jet ini memang sangat penting. Tanpa adanya main jet maka motor bisa saja mengalami banyak masalah sehingga kamu harus memperhatikan terlebih dahulu apakah main jet dalam keadaan yang baik – baik saja atau tidak. Nah, inilah kenapa mesin motor mati saat gas dilepas sehingga kamu harus memperbaiki main jet tersebut.

Perlu kamu ketahui main jet biasanya memiliki tugas yang penting yaitu untuk membawa beberapa molekul terkait bahan bakar dari ruang penyimpanan ke dalam karburator. Bukan sampai itu saja tetapi molekul – molekul itu harus dibawa kembali ke dalam bagian yang namanya intake manifold. Dimana perlu kamu ketahui main jet ini biasanya bekerja pada bagian katup gas tetap bukan dalam keadaan tertutup seperti pilot jet melainkan dalam keadaan katup terbuka.

Apalagi kalau mengalami yang namanya mesin motor mati saat gas dilepas maka kamu tidak perlu khawatir karena biasanya motor akan tetap nyala walaupun mesin dalam kondisi yang mati. Tentu hal ini bisa menjadi masalah kalau kamu sering menggunakan motor maka kamu bisa saja terganggu tetapi tentu hal ini dikarenakan karena ada saluran yang terputus ke dalam main jet. Nah, hal ini yang bisa menyebabkan kenapa mesin mati karena kamu saluran tidak terputus maka mesin akan dalam kondisi baik – baik saja.

Sebenarnya kalau kamu ingin memperbaiki main jet memang mudah sekali sehingga kamu tidak perlu takut untuk memperbaikinya. Pertama – tama, kamu bisa membersihkan terlebih dahulu kotoran yang sudah menempel pada main jet sehingga kalau dibersihkan dengan sungguh – sungguh maka tidak akan terjadi masalah lagi di kemudian hari. Biasanya kotoran ini akan mengalir ke bagian filter udara sehingga kotoran bisa saja masuk ke dalam bagian main jet dan alhasil kotoran masuk ke dalam dan bisa tersumbat.

Kalau kamu sudah membersihkan kotoran yang terdapat dalam filter udara maka kamu bisa lanjut untuk membongkar bagian karburator. Lagi pula cara membersihkan sangat mudah kamu cukup meniupkan saja ke dalam bagian tersebut sehingga kotoran akan otomatis keluar dari bagian karburator. Dengan meniupkan ke dalam bagian karburator maka pekerjaan akan otomatis keluar dengan sendirinya, sehingga masalah mesin motor mati saat gas dilepas bisa teratasi dengan mudah.

2. Air Masuk ke Bagian Karburator

Kalau pada penyebab yang pertama adalah karena main jet mengalami sumbatan maka berbeda dengan penyebab yang kedua adalah air masuk ke dalam bagian karburator. Dalam hal ini, air memang sering kali masuk ke dalam karburator sehingga hal inilah yang bisa menyebabkan mesin mati. Apalagi kalau kamu membiarkan air ini tetap ada di dalam karburator maka bisa terjadi masalah yang terjadi pada karburator, biasanya air memang masuk dari tangki.

Nantinya air ini yang akan berubah menjadi beberapa rembesan air yang akan masuk ke dalam karburator. Pada dasarnya memang air memang tidak akan masuk ke dalam karburator tetapi karena ada sesuatu hal maka air bisa saja masuk ke dalam karburator. Apalagi pada saat mesin motor mati saat gas dilepas maka otomatis air akan mengarah ke bagian intake manifold sehingga bisa saja mempengaruhi keadaan motor kamu nantinya. Apalagi kalau air sampai masuk ke dalam maka bisa menghasilkan suara yang ribut.

3. Setelah Karburator Yang Kurang Tepat

cara menyetel karburator

Penyebab mesin motor mati saat dilepas yang ketiga ialah setelan karburator yang kurang tepat. Di dalam karburtor terdapat dua skrup untuk setting karburator, yang pertama ialah skrup untuk mengatur katup gas dan yang kedua adalah skrup untuk mengatir suplai bensin saat idle. Skrup yang pertama yang mengatur gas, akan mengatur besar kecilnya angin dari filter yang akan masuk ke mesin. Dan ketika skrup dikencangkan maka katup gas akan lebih terbuka, hal ini akan memicu banyak angin yang masuk sehingga RPM idle mesin naik.

Dan sebaliknya jika skrup ini di kendorkan maka, katuo gas akan semakin tertutup dan efek sampinya akan menurunkan RPM idle. Sementara itu sekrup yang kedua ialah untuk mengatur volume bensin yang bekerja dengan memanfaatkan celah pada pilot jet. Pilot jet sendiri ialah saluran yang digunakan untuk menyalurkan bensin dari mangkuk karbu ke intake manifold saat idle. Dan jika sekrup ini dikencangkan maka celah pada pilot jet akan menjadi lebih sempit dan bensin yang keluar dari pilot jet menjadi lebih sedikit.

Sebaliknya jika sekrup ini dikendorkan maka suplai bensin dari pilot jet akan menjadi lebih banyak, pasalnya celah pilot jet akan lebih besar. Dan ketika setelan karbu kurang tepat, misalnya sekrup pilot jet terlalu kecil maka akan terjadi kekurangan bensin karena kadar bensin lebih sedikit dari biasanya. Hasilnya mesin sulit hidup di RPM idle, akan tetapi masih bisa nyala sambil menarik gas.

Hal tersebut karena ada saluran lagi namanya main jet yang menjadi saluran untuk menyuplai bensin dari mangkuk kerbu ke intake manifold saat katup gas terbuka. Jadi mesin akan tetap menyala karena bensin tidak disuplai dari pilot jet melainkan dari main jet. Meski demikian ketika gas dilepas otomatis katup gas tertutup dan main jet tidak lagi aktif. Hal ini tentu akan membuat mesin kembali mati karena suplai bensin dari pilot jet belum beres.

Cara mengatasinya memang cukup mudah maka kamu harus mengeluarkan semua air yang ada di dalam ruang penyimpanan. Tentu pertama – tama, kamu bisa membuka terlebih dahulu dengan menggunakan sekrup. Sehingga kamu bisa membuka ruang penyimpanan dengan mudah.

Baca Juga Informasi VTCONLINE Lainnya
Penyebab Mobil Tidak Bisa Di StarterCara Kerja Relay Pada Motor

Beberapa cara di atas bisa kamu pahami kalau memiliki masalah terhadap mesin motor mati saat gas dilepas. Selain itu, jika kalian bisa mengatasi permasalahan tersebut kalian tidak perlu repot-repot membawanya ke bengkel motor yang pastinya memerlukan banyak biasa perbaikan. Nah demikian informasi mengenai penyebab mesin motor mati saat gas dilepas, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kalian didalam dunia otomotif, sekian dan terimakasih.