Penyebab Karburator Banjir Pada Saat Mesin Mati

Penyebab Karburator Banjir – Seperti yang kita pahami seiring berkembangnya zaman membuat manusia semakin mudah menjalankannya aktivitasnya. Semisal ketika dahulu orang-orang hanya bisa mengendarai sepeda ontel kini sudah muncul alat transportasi yang lebih baik lagi.

Adanya teknologi memang menaruh peranan besar terhadap kemajuan alat transportasi manusia itu sendiri. Kini melakukan perjalanan dapat menjadi lebih efesien lagi. Kini kamu tentu sudah mengenal adanya sepeda motor bukan? Sepeda motor memang menjadi salah satu alat transportasi yang paling simpel di era ini. Masyarakat menggunakan motor untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan waktu yang lebih singkat.

Jika dibandingkan dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda ontel tentu sangat jauh. Hingga pada akhirnya perjalanan kamu menjadi lebih efesien dengan mengendarai motor ini. Bahkan untuk peminat alat transportasi ini kian membludak saja.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pemilik motor yang memiliki sistem dengan bahan bakar karburator ialah banjir. Dalam hal ini kamu akan menjumpai rembesan pada karburator berupa bensin. Melihat hal ini tentulah sama sekali tidak menyenangkan juga tidak nyaman sama sekali. Nah bagi kamu yang memiliki kendaraan motor maka harus mengetahui penyebab karburator banjir pada saat mesin mati. Hal ini tentu demi memudahkan kamu jika sewaktu-waktu memang terjadi.

Penyebab Karburator Banjir

Penyebab Karburator Banjir

Penyebab Karburator Banjir

1. Banjirnya Karburator Berpengaruh Terhadap Pembakaran Mesin

Meski banjirnya karburator tidak mengganggu kinerja mesin akan tetapi lebih baik untuk diperbaiki. Bayangkan saja jika bensin kamu terus saja mengucur tentu akan membuat bensin terbuang sia-sia saja. Perlu diketahui jikalau karburator sangat berguna untuk pembakaran motor kamu.

Sehingga, memperhatikan bagaimana karburator motor memang menjadi salah satu agenda yang harus kamu rencanakan. Baiklah, untuk lebih jelasnya kita akan membahas mengenai penyebab karburator banjir.

2. Penyebab Karburator Banjir

Penyebab karburator banjir pada saat mesin mati sebenarnya ada beberapa hal. Kamu harus mencari tahu mengenai penyebabnya dengan jelas untuk merawat motor kamu. Nah, pada artikel kali ini kita akan langsung membahasnya. Yuk disimak dulu!

1. Pemasangan Kurang Tepat

Seperti yang kita pahami jika melakukan service pada motor memang sangat penting. Nah, salah satu penyebab banjirnya karburator juga bisa jadi karena sistem pelampung karburator itu sendiri. Setelah melakukan service, kadangkala pemasangan yang dilakukan kurang pas atau kurang tepat.

Padahal sistem pelampung berguna untuk menampung bensin yang ada pada tangki. Selain itu, fungsinya ialah untuk menjaga tekanan pada bensin agar tetap pada angka 1 atm saja.

Penyebab karburator banjir pada saat mesin mati karena needle velve membuka saluran bensin yang ada. Sehingga ruang pelampung dalam motor akan terisi bensin. Jika kondisi ruang pelampung penuh maka pelampung akan menjadi naik.

Jika sudah begini maka needle velve akan menutup aliran bensin itu sendiri. Dalam hal ini aliran bensin kamu akan terhenti juga ruang pelampung tidak akan berlebihan. Perlu diingat, kerusakan ruang pelampung dapat membuat bensin terus mengalir.

2. Pembuangan yang Tidak Kencang

Penyebab kedua ialah mengenai pemasangan untuk pembuangan yang tidak kencang. Dalam hal ini bensin akan terus menetes secara berkelanjutan. Jika kamu tidak kunjung menindaklanjuti masalah ini maka bensin kamu akan habis percuma. Untuk itu sangat penting rasanya untuk mengencangkan baut kamu yang kurang kencang. Jika kamu sudah mengetahui hal ini akan lebih baik untuk segera mengatasinya.

3. Solusi Mengatasi Karburator Banjir

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Cara Mengatasi Karburator Banjir

1. Melakukan Pembongkaran

Setelah mengetahui penyebab karburator banjir pada saat mesin mati kita akan berlanjut kepada solusinya. Solusi pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan melakukan pembongkaran. Pembongkaran ini tentunya bertujuan untuk mencari tahu apa kerusakan yang dialami motor sebenarnya.

Setelah itu kamu bisa mengecek needlve valve maupun sistem pelampung. Kamu hanya perlu memperbaikinya hingga dapat bekerja seperti awal mulanya. Bagaimana, tentu sangat mudah bukan untuk ukuran pria yang gemar mengotak-atik motornya?

2. Melepaskan Mangkuk Karbu

Cara kedua yang dapat kamu jadikan solusi ialah dengan melepaskan mangkuk karbu. Dalam hal ini kamu akan menjumpai mangkuk karbu di bawah karburator itu sendiri. Dalam hal ini komponen itu memang berfungsi untuk menampung bensin dari tangki.

Jika sudah terlepas kamu bisa mengetahui apakah pelampung memang masih bisa digunakan atau tidak. Jika memang masih bagus maka kamu hanya perlu menyetelnya hingga tidak bocor lagi. Jika sudah tidak bagus, maka kamu bisa menggantinya.

Nah itulah tadi sedikit ulasan kita mengenai penyebab karburator banjir pada saat mesin mati juga solusinya. Perlu diingat, kamu bisa mencegah kebocoran karburator agar tidak banjir. Caranya tentu sangat mudah yakni hanya perlu menjaga bahan bakar dengan menggunakan kualitas yang baik.

Bagaimana, siap menjaga motor kamu untuk membuat performanya menjadi lebih baik lagi. Buat kamu yang sedang memahami lebih jauh menggenai mesin simak juga nih ulasan menarik dari VTCONLINE lainnya menggenai “Fungsi Piston Pada Motor” pada informasi sebelumnya.