Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul Pada Mesin 4 Tak

Cara Mengatasi Motor Ngebul – Pada umumnya motor 4 tak, knalpot cenderung tidak mengeluarkan asap ketika mesin di nyalakan. Hal tersebut karena memang mesin 4 ak telah dibuat oleh pabrikannya untuk tidak mengeluarkan asap berlebih. Sering juga disebut dengan ngebul, asap berlebih pada motor bukan merupakan tanda yang baik.

Keluarnya asap pada berbagai jenis motor, baik itu bebek, sport maupun skutik, memiliki penyebab yang beragam. Terdapat dua jenis asap yang akan keluran, pertama asap berwarna putih karena terdapat masalah pada oli, dan yang kedua, asap berwarna hitam yang disebakan masalah pada bahan bakar motor.

Berikut merupakan cara mengatasi motor ngebul dan berbagai macam penyebabnya. Sebab, motor yang ngebul tidak semata-mata hanya karena dua hal tersebut, terdapat komponen lain yang berpengaruh, sehingga mengakibatkan motor yang Anda miliki mengeluarkan asap secara berlebih.

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor NgebulPenyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul

1. Ring Piston Mengalami Aus

Umumnya, penyebab utama terjadi motor ngebul adalah keadaan ring piston yang sudah aus. Jika ring piston tersebut tidak bekerja dengan baik, maka asap putih berlebih akan keluar ketika mesin motor di nyalakan. Terdapat dua komponen pada ring piston, yakni ring kompresi untuk merapatkan celah antar piston agar tidak mengakibatkan kenaikan kompresi, yang kedua ring oli untuk mencegah oli keluar dari ruang engkol.

Apabila ring piston ini mengalami keausan, kemungkinan oli untuk masuk ke ruang bakar cukup besar, sehingga mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap berwarna putih. Hal ini juga menyebabkan mesin tidak mau menyala pada saat tertentu dan mengurangi tenaga mesin.

Cara mengatasi motor ngebul karena ring piston yang aus adalah menggantinya dengan ring piston yang baru. Anda bisa menggantinya di bengkel terpercaya untuk penggantian ring tersebut, sebab letaknya yang terletak di dalam mesin, membuat motor harus dibongkar terlebih dahulu mesinnya. Akan lebih baik menyerahkannya pada mereka yang lebih ahli jika memang tidak bisa melakukan penggantian secara pribadi.

2. Seal Katup Mengalami Kebocoran

Motor ngebul tidak hanya disebabkan karena kerusakan mesin bagian dalam, namun juga bs aterjadi karena kerusakan katup seal pada motor, yang berada pada mesin motor bagian atas. Awalnya, fungsi katup dan seal in berguna untuk memasukkan udara untuk membantu proses pembakaran mesin, sekaligus mengatur pembuangan gas dari sisa pembakaran tersebut.

Namun, katup dan seal juga bisa mengalami masalah, umumnya karena terjadi pengerasan, sehingga kerapatannya menurun dan membuat oli bocor ke tempat lain. Penyebabnya karena masalah pemakaian motor jangka panjang. Solusinya adalah mengganti katup dan seal nya dengan yang baru.

3. Silinder Mesin Aus

Jika ring piston mengalami masalah, kemungkinan besar hal tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin silinder mesin, yang akan mengalami keausan. Kedua bagian tersebut; ring piston atas dan silinder mesin, bekerja bersama dan saling bergesekan. Jika salah satu dari mereka aus, maka oli akan masuk ke dalam ruang bakar dan menyebabkan ngebul. Cara mengatasi motor ngebul karena keausan perangkat mesin adalah menggantinya dengan yang baru.

Gejala lain yang kemungkinan timbul jika Anda tidak segera menggantinya adalah kerusakan linner, menyebabkan motor susah dinyalakan ketika mesin menjadi dingin, atau ketika ingin memanaskan mesin pada pagi hari. Lakukan pembubutan ulang pada silinder atau lakukan bore up untuk mengatasinya.

4. Batang Katup Bengkok

Batang atup befungsi untuk menghubungkn klep dan cam, terbuat dari bahan besi, ia seharusnya perangkat mesin yang berada pada posisi lurus untuk bekerja secara maksimal. Sehingga, ketika batang katup ini mengalami kerusakan, yakni bengkok atau kerusakan lain, maka salah satu katup atau seal akan tertekan atau longgar di salah satu sisi.

Padahal, batang katup ini dibuat untuk sudah dibuat secara lurus dengan posisi yang pas, sehingga posisinya urus dengan lubang intake. Kelonggaran pada mesin akan membuat oli masuk ke dalam manifold yang menghungkan ruang bahan bakar dengan bagian mesin lainnya.

Cara mengatasi motor ngebul karena batang katup yang bengkok adalah dengan mengganti seal klep, tanpa harus mengganti katup. Namun, tentu saja, karena penyebabnya tidak diselesaikan dengan tuntas, masalah ini akan kembali lagi. Jika terus berulang, ganti semua komponen yang memang mengalami kerusakan, dari seal klep sampai katup yang bengkok.

Merawat motor memang bukan perkara yang mudah, apalagi jika tidak mengalami pemahaman dan pengetahuan mengenai mesin dan otomatif. Oleh karena itu, jika mengalami masalah seperti motor ngebul dan keluar asap berlebih, terutama di pagi hari ketika motor di panaskan, Anda bisa segera membawanya ke bengkel langganan untuk diperbaiki.

Itulah penyebab dan cara mengatasi motor ngebul yang sering terjadi pada motor 4 tak. Untuk menghindari masalah ini ke depannya, Anda bisa meminta saran pada teknisi bengkel untuk merawat kendaran Anda dengan lebih baik.

Baca Juga Informasi VTCONLINE Lainnya
Sistem Pengapian ElektronikSistem Kelistrikan Motor
Sistem Pengapian Motor Sistem Pengapian Mobil

Pasti banyak yang takut jika mengalami motor ngebul. Oleh karena itulah silahkan mencoba cara mengatasi motor ngebul berdasarkan penyebabnya yang kami sampaikan di atas. Namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain. Untuk memastikannya lebih baik datang ke bengkel berpengalaman. Nah cukup sekian informasi vtconline.co.id kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.