Penyebab Busi Hitam & Cara Mengatasinya

Beberapa penyebab busi – Busi merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam motor karena jika busi tidak bekerja dengan baik maka akan berpengaruh kepada motor kamu. Sehingga kamu harus memastikan bahwa busi harus dalam keadaan yang baik, dengan begitu kamu tidak akan mengalami gangguan selama mengendarai motor.

Terlebih lagi kalau mengalami masalah bisa saja membahayakan kamu saat mengendarai motor tersebut. Merawat busi supaya tidak hitam juga merupakan hal yang benar supaya nantinya busi mampu memiliki umur yang panjang.

Apalagi busi hitam memang sering kali terjadi sehingga banyak pengendara yang kebingungan kenapa businya bisa berubah menjadi hitam. Terlebih lagi kalau kamu baru saja membeli busi maka tidak jarang kamu akan mendapatkan busi yang hitam. Tentu kamu akan merasa khawatir dalam mengendarai motor.

Sehingga kamu harus mengetahui apa saja penyebab kenapa busi berubah menjadi hitam padahal sebelumnya busi memiliki warna yang normal. Bagaimana Penasaran dengan beberapa penyebabnya Simak informasi menarik dari VTCONLINE.COM berikut ini.

Penyebab Busi HitamCara Mengatasi Busi Hitam

1. Memiliki Filter Udara Yang Kotor

Penyebab busi hitam yang pertama adalah memiliki filter udara yang kotor. Filter udara juga harus kamu perhatikan pada sebuah busi karena jika filter udaranya saja kotor maka tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Sehingga udara yang dihasilkan adalah berasal dari kotoran yang telah masuk ke dalam filter udara tersebut sehingga udaranya tidak akan bersih melainkan sudah dikombinasikan dengan beberapa kotoran yang sudah terdapat di dalamnya.Bisa dibayangkan jika kamu memiliki banyak kotoran maka kamu tidak akan bisa bernafas dengan baik. Sehingga hal ini juga sama saja kepada filter udara, semakin banyak kotoran yang ada di dalam filter udara maka semakin banyak virus yang terapat di dalam.

Sehingga sangat tidak baik jika filter udara ini tetap dibiarkan begitu saja melainkan kamu harus mengeluarkan filter udara yang sudah tidak bersih. Karena bisa saja menghambat pembakaran menjadi tidak sempurna dari sebelumnya.

2. Memiliki Karburator Yang Tidak Tepat

Kalau penyebab yang pertama adalah memiliki filter udara yang cukup maka berbeda dengan penyebab busi hitam yang kedua adalah memiliki karburator yang tidak tepat. Dengan adanya karburator yang tidak tepat tentu ini bisa mengganggu udara yang seharusnya bisa bekerja dengan baik menjadi udara yang tidak bagus.

Sehingga bagi kamu yang ingin mendapatkan udara yang bagus maka kamu bisa melihat terlebih dahulu seperti apa karburator yang terdapat pada motor kamu. Apalagi kalau karburator tidak bekerja dengan sempurna maka hasil pembakaran yang dilakukan tidak akan sampai tuntas. Sehingga hasil pembakaran masih memberikan beberapa sisa pembakaran, tentu kalau dipikir pikir sangat disayangkan kalau pembakaran masih menyisakan beberapa hasil bakarnya.

Sehingga sebelum menggunakan motor harus dilihat apakah karburator dalam keadaan yang baik atau justru malah sebaliknya. Karena kamu tidak akan tahu apakah karburator bisa bekerja dengan lancar atau tidak.

3. Tangki Bahan Bakar Yang Kotor

Penyebab busi hitam yang ketiga adalah memiliki tangki bahan bakar yang kotor. Tangki merupakan salah satu tempat yang berguna karena dengan adanya tangki biasanya diperuntukkan menyimpan bahan bakar. Sehingga bahan bakar bisa terjaga dengan baik dan tidak akan mengalami kebocoran.

Tetapi berbeda hal kalau tangki bahan bakar yang kamu miliki itu kotor maka isi dari tangki juga akan ikut terkontaminasi oleh kotoran sehingga tidak layak sekali untuk digunakan. Apalagi bisa dikatakan tangki lah yang menjadi tempat penyimpanan kalau tempat penyimpanannya saja tidak bagus maka akan berpengaruh kepada isi dari tangki tersebut.

Salah satu solusi jika kamu ingin mendapatkan tangki yang bersih maka kamu harus mengeluarkan beberapa kotoran yang sudah ada di dalam tangki. Sehingga tangki yang kamu miliki bsia menjadi bersih seperti sedia kala, dan tangki pun sudah bisa digunakan lagi untuk mengisi berbagai bahan bakar tersebut.

4. Saluran Yang Kotor

Penyebab busi hitam yang keempat adalah memiliki saluran yang kotor. Selain karena tangki yang kotor maka saluran juga bisa menjadi salah satu tempat singgahnya kotoran. Karena pada dasarnya kotoran memang sering ada dimana – mana sehingga saluran bisa saja terkontaminasi oleh kotoran tersebut.

Sehingga saluran juga harus diperhatikan karena dengan adanya saluran maka kamu bisa langsung melihat apa saja penyebabnya. Karena pada dasarnya setiap motor memiliki saluran yang berbeda beda.Dimana saluran memang memiliki peran penting karena bisa menyalurkan beberapa hal ke dalam tangki. Lagi pula kalau saluran kotor maka semua hal juga bisa terkontaminasi dengan beberapa kotoran yang terdapat di dalamnya.

Sehingga bagi kamu takut kenapa busi kamu berubah menjadi hitam, saluran yang kotor adalah salah satu penyebabnya. Sehingga kamu harus membersihkan beberapa kotoran tersebut yang ada pada salurannya.

Dengan mengetahui apa saja penyebab busi hitam maka kamu bisa lebih memahami kenapa warna busi kamu bisa berubah menjadi hitam. Demikian informasi kali ini simak juga informasi bermanfaat lainnya seperti “Fungsi Ring Piston Pada Motor Dan Mobil” pada artikel sebelumnya.