Pajak Mobil Lamborghini Per Tahun Terbaru 2019

Pajak Mobil Lamborghini – Ada yang pernah kepikiran mau membeli Lamborghini? Nah bagi yang berencana membeli supercar asal Italia tersebut, maka harus siap-siap membayar pajak tahunan yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Besaran pajaknya memang fantastis, namun sebanding dengan harga mobil Lamborghini yang mencapai miliaran rupiah.

Di Indonesia sendiri mobil Lamborghini dijual secara bebas melalui importir-importir umum yang jumlahnya cukup banyak. Meskipun harganya sangat mahal, namun mobil ini tetap diminati masyarkat Indonesia, khususnya para konglomerat. Beberapa artis tanah air juga memilikinya, dan salah satunya adalah Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad memiliki mobil Lamborghini Roadster yang saat ini dijual di Indonesia dengan harga Rp. 19 Miliar. Dengan harga jual yang sangat fantastis, tentu pajak Lamborghini setiap tahunnya akan sangat mahal. Oleh karena itulah mobil ini hanya dikhususkan untuk orang kaya saja.

Pajak Lamborghini AventadorApabila dibandingkan mobil mewah dari Jepang yang nilai pajaknya maksimal belasan juta, tentu biaya pajak mobil Lamborghini jauh lebih besar. Walaupun nantinya kita mampu membeli Lamborghini, namun apakah rela mengeluarkan uang ratusan juta rupiah untuk membayar pajak kendaraan setiap tahunnya?

Sebenarnya kita bisa membeli mobil Lamborghini tanpa perlu membayar pajak tahunan. Namun yang dibeli harus berstatus off-the-road. Nah apabila membeli mobil off-the-road, maka mobil tersebut tidak legal digunakan dijalan raya dan bisa sewaktu-waktu disita pihak berwajib.

Mampu membeli mobil Lamborghini, berarti kalian harus mampu membayar pajak tahunan dan 5 tahunan. Bagi yang enggan membayar pajak, lebih baik beralih membeli yang harganya lebih terjangkau. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, berapaka harga pajak mobil Lamborghini di Indonesia?

Daftar Biaya Pajak Mobil Lamborghini

Pajak Mobil Lamborghini Aventador

Ada beberapa tipe mobil Lamborghini yang dipasarkan di Indonesia, seperti Adventador, Garallado, Adventador SVJ dan Adventator Roadster. Setiap tipe mobil Lamborghini memiliki besaran pajak berbeda-beda, karena tergatung dari harga jual serta tahun produksinya. Nah sebagai contoh kami akan memberikan informasi pajak tahunan mobil Lamborghini Aventador keluaran 2013.

Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, pajak Lamborghini Aventador 2013 mencapai Rp. 195 Juta. Besaran pajak tersebut dihitung berdasarkan biaya BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) ditambah PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan).

Apabila kita total, maka pajak Lamborghini Aventador 2013 yang harga jualnya sekitar Rp. 5.2 Miliar adalah sekitar Rp. 200 Juta atau lebih tepatnya Rp. 194.9 Jutaan. Yah, besaran pajaknya memang setara sebuah mobil baru. Itupun merupakan mobil Lamborghini keluaran lama. Lalu bagaimana jika keluaran baru?

Untuk Lamborghini keluaran baru, seperti Aventador Roadster yang dimiliki Raffi Ahmad, tentu nilai pajaknya semakin besar. Untuk mengetahui seberapa besar pajak mobil Lamborghini milik Raffi Ahmad, mari kita hitung satu persatu.

Pertama adalah BBN KB yang biasanya dihitung 10 persen dari harga kendaraan off the road. Apabila harga mobilnya 19 Miliar, maka BBN KB-nya adalah sekitar Rp. 1.9 Miliar. Kemudian untuk besaran PKB dihitung 1.5 persen dari nilai jual kendaraan, sehingga biaya PKB-nya sekitar Rp. 285 Juta.

Sedangkan biaya SWDKLLJ telah ditetapkan sebesar Rp. 140 Ribu. Nah apabila kita total semua, maka biaya pajak Lamborghini Raffi Ahmad mencapai Rp. 2.185 Miliar. Pajak tersebut merupakan pajak yang harus dibayarkan saat pertama kali Raffi Ahmad membeli Aventador Roadster. Namun setelah itu nilai pajaknya akan berbeda, mengikuti penyutan harga mobil.

Untuk pajak Lamborghini tipe lainnya, silahkan sobat hitung sendiri menggunakan rumus yang kami sampaikan di atas. Yang pasti pajak Lamborghini akan jauh lebih mahal dibandingkan pajak Toyota Alphard ataupun pajak Toyota Fortuner yang harga jualnya jauh lebih murah.