Harga Honda Scoopy dan Spesifikasi Terbaru 2020

Harga Honda Scoopy 2020 – Motor matic Honda selalu menjadi primadona di Indonesia. Salah satunya adalah Honda Scoopy. Motor ini begitu digilai oleh para wanita karena memiliki desain yang stylish, elegan, dan bercita rasa klasik layaknya motor dari Italia.

Yah, alasan banyak orang membeli Scoopy adalah karena desainnya. Kami sendiri sangat menyukai desain motor ini. Namun bukan itu saja kelebihan Honda Scoopy, karena masih banyak kelebihan lainnya yang membuat motor ini layak dibeli.

Kelebihan lainnya yang patut menjadi pertimbangan utama saat membeli Scoopy adalah karena fiturnya sangat lengkap. Selain itu, motor ini memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit, berkat sistem pembakaran PGM-FI yang berpadu dengan fitur Idling Stop System serta Enhaced Smart Power (eSP).

Sayangnya motor ini memiliki satu kekurangan, yakni kapasitas mesin yang hanya sebesar 110cc. Bagi yang menyukai motor matic dengan kemampuan akselerasi yang cepat, maka menurut kami tidak cocok membeli motor ini.

Honda Scoopy lebih cocok bagi kalian yang mencari motor matic irit dan stylish. Sebenarnya performa motor ini cukup responsif, meski tenaga dan torsinya tidak terlalu besar. Nah untuk mengetahui bagaimana performa Scoopy serta harga Honda Scoopy terbaru, silahkan simak informasi vtconline.co.id berikut.

Spesifikasi dan Harga Honda Scoopy

Spesifikasi dan Harga Honda ScoopySpesifikasi Mesin

Kemampuan mesin Honda Scoopy lebih mengedepankan kehematan konsumsi bahan bakar, jadi jangan heran apabila motor ini sangat irit dengan konsumsi rata-rata mencapai 61.9 km/liter. Kelebihan tersebut tak lepas dari konfigurasi mesin yang menggunakan mesin berteknologi eSP dengan kapasitas 110cc.

Mesin Honda Scoopy mampu menghasilkan tenaga sebesar 6.7 kW atau setara 9.1 PS pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak mencapai 9.4 Nm pada 6.000 rpm. Yah, tenaga dan torsinya memang cukup standar. Namun menurut kami sudah lebih dari cukup untuk berkendara secara nyaman.

Dimensi & Desain

Gambar Motor ScoopyKemudian soal desain, Honda Scoopy memiliki desain stylish dengan dimensi panjang 1.847 mm, lebar 686 mm, dan tinggi 1.061 mm. Lalu tinggi tempat duduknya berjarak 744 mm serta sumbu roda mencapai 1.257 mm. Motor ini juga tergolong sangat ringan dengan bobot seberat 99 kg.

Pada bagian depan Scoopy telah terpasang headlamp dengan teknologi LED Projector yang bisa menampilkan cahaya lebih terang saat dipakai bekendara di siang hari ataupun malam hari. Disampingnya juga terpasang lampu sein yang menambah kesan stylish motor ini.

Honda memadukan antara panel meter digital dan analog untuk menampilkan kesan yang modern, namun tetap klasik. Selain itu, terseda pula fitur Power Charger yang bisa kalian andalkan untuk mengisi gadget saat berpergian. Fitur tersebut ditempatkan pada kompartemen bagian depan dengan daya maksimal 12W (12V 1A).

Suspensi & Pengereman

Gambar Motor Scoopy 2020Posisi tangki bensin berada dibawah jok dengan kapasitas 4 Liter. Selain itu, tersedia ula bagsi dengan kapasitas 15.4 Liter yang bisa menampung barang bawaan kalian, seperit mantel, jaket, hingga kunci-kunci. Kemudian untuk bagian belakang memiliki lampu bergaya stylish, senada dengan desain motor ini.

Pada sektor kaki-kaki, menggunakan velg ring 12 inci yang menjadi salah satu kelebihan Scoopy terbaru dibandingkan Scoopy generasi sebelumnya. Velg tersebit dipadukan dengan ban depan berukuran 100/90 – 12 59J dan ban belakang 110/90 – 12 64J. Keduanya merupakan ban tubeless, sehingga tidak mudah bocor.

Untuk segi suspensi masih sama dengan motor matic Honda pada umumnya. Dimana bagian depan memakai suspensi teleskopik dan belakang suspensi monoshock. Lalu untuk sistem pengereman memakai rem depan cakram dan rem belakang tromol. Honda juga mengoptimalkannya dengan teknologi Combi Brake System agar sistem pengereman motor ini lebih optimal.

Fitur yang paling penting dari Scoopy adalah Idling Stop System. Fitur tersebut sangat berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. Pasanya Idling Stop System mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti beberapa detik. Kita tinggal menarik tuas gas, maka secara otomatis mesin hidup tanpa suara karena sudah dilengkapi teknologi ACG Starters.

Harga Honda Scoopy

Harga Honda Scoopy

TIPEHARGA
Harga Scoopy StylishRp. 19.577.000
Harga Scoopy SportyRp. 19.577.000

Beberapa tahun yang lalu harga Honda Scoopy cuma 17 Jutaan. Namun seiring berjalannya waktu, harga motor ini mengalami peningkatan menjadi sekitar Rp. 19.5 Jutaan. Harga tersebut merupakan harga OTR Jakarta, jadi jangan heran apabila harga Honda Scoopy di luar Jakarta jauh lebih mahal.

Harga 19 Jutaan memang tergolong mahal untuk motor matic bermesin 110cc. Namun bagi yang tak mempermasalahkan soal harga, maka Scoopy bisa menjadi pilihan paling tepat. Pasalnya motor ini memiliki kelebihan dari segi desain dan efisiensi bahan bakar. Nah untuk melihat spesifikasinya secara lengkap, silahkan simak dibawah ini.

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Motor Scoopy

Dimensi
Panjang1.847 mm
Lebar686 mm
Tinggi1.061 mm
Berat99 kg
Tinggi Tempat Duduk744 mm
Ground Clearance99 kg
Tinggi Tempat Duduk744 mm
Sumbu Roda1.257 mm
Mesin
Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP
Kapasitas110cc
Diameter X Langkah50 x 55,1 mm
Rasio Kompresi9,5 : 1
Daya Maksimum6,7 KW (9,1 PS / 7.500 rpm)
Torsi Maksimum9,4 Nm (0,96 kgf.m) / 6.000 rpm
TransmisiOtomatis, V-Matic
Sistem PembakaranInjeksi (PGM-FI)
Tipe StarterPedal dan Elektrik
Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Suspensi
Shock DepanTeleskopik
Shock BelakangLengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Pengereman
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol
Ban
Ban Depan100/90 – 12 59J
Ban Belakang110/90 – 12 64J
Jenis BanTubeless
Sumber

Spesifikasi dan fitur yang dimiliki Honda Scoopy mampu bersaing melawan Yamaha Fino yang notabennya memiliki kapasitas mesin lebih besar, yakni 125cc. Dari segi penjual juga lebih laris Scoopy dibanding Fino. Itu artinya masyarakat Indonesia tidak terlalu mementingkan kapasitas mesin, karena yang terpenting adalah nyaman dikendarai, irit, dan memiliki desain stylish.

Kesimpulan

Yamaha Fino memang menjadi rival terberat Scoopy. Keduanya memiliki desain serupa yang mengedepankan mesin klasik, stylish, dan elegan. Namun apabila disuruh memilih salah satunya, maka kami tetap memiliki Scoopy. Pasalnya Scoopy memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit dan desian lebih stylish.

Selera setiap orang berbeda-beda, jadi sah-sah saja apabila ada orang yang lebih memilih Yamaha Fino dibandingkan Scoopy. Nah cukup sekian informasi vtconline.co.id kali ini. Simak pula informasi mengenai Pajak Honda Civic yang kami ulas pada artikel sebelumnya.