5 Fungsi Ring Piston Pada Motor & Mobil

Fungsi ring piston – Pernah mengenal ring piston? Ring piston merupakan salah satu bagian penting dalam mesin sehingga kalau ring piston tidak bisa bekerja dengan baik maka akan berpengaruh ke dalam mesinnya. Sehingga sangat disarankan bagi kamu untuk memeriksa terlebih dahulu apakah ring piston dalam keadaan baik atau tidak karena kalau ring piston dalam keadaan yang buruk maka bisa berakibat fatal nantinya.

Tentunya kamu tidak menginginkan kalau mesin akan mengalami performa yang buruk. Apalagi dengan mengetahui ring piston maka kamu bisa lebih merawat lagi ring piston tersebut. Walaupun begitu ring piston memang memiliki pengaruh yang penting dalam mesin sehingga tidak boleh dibiarkan begitu saja sehingga sangat disarankan untuk merawatnya dengan baik.

Fungsi ring piston memang tidak perlu di pungkiri lagi memiliki banyak sekali peranan yang baik untuk kendaraan, maka dari itu menjaga ring piston agar tetap sehat juga merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat. Berikut VTCONLINE.CO.ID akan memberikan informasi menarik menggenai Fungsi Ring piston yang wajib kamu ketahui.

Sebenarnya kalau kamu memang telaten dalam merawat ring piston maka tidak akan terjadi apa apa kepada mesin tersebut. Bahkan ring piston bisa memberikan fungsi tersendiri kepada mesin. Bagaimana Penasaran dengan fungsinya.

Fungsi Ring Piston Lengkap

Fungsi Ring Piston

1. Menjaga Kompresi Mesin

Fungsi ring piston yang pertama adalah menjaga kompresi mesin. Mesin memang perlu sekali dijaga karena kalau sampai mesin bermasalah karena bisa berpengaruh ke dalam ring piston tersebut. Sehingga hal ini lah kenapa kamu harus menjaga kompresi mesin bukan hanya karena kompresi pada mesin melainkan bisa berakibat fatal kalau kamu membiarkan mesin bermasalah. Tentunya kamu tidak ingin mendapatkan mesin yang bermasalah secara terus menerus.

Apalagi ditambah dengan ring piston maka kamu harus memahami fungsi yang satu ini karena dengan adanya fungsi ini maka kamu bisa lebih menjaga agar ring piston dalam keadaan yang bersih. Bahkan kalau kamu membersihkan kompresi mesin maka kamu tidak akan mendapatkan masalah apapun yang akan terjadi pada ring piston tersebut. Dengan adanya kompresi mesin yang selalu dijaga maka keadaan pada ring piston bisa lebih baik dibandingkan kalau kamu tidak menjaga kompresi mesin tersebut.

2. Menjaga Agar Oli Tidak Masuk ke Dalam

Kalau pada fungsi ring piston yang pertama adalah menjaga kompresi mesin maka berbeda dengan fungsi yang kedua adalah menjaga agar oli tidak masuk ke dalam. Dalam mesin memang ada beberapa hal yang tidak boleh masuk ke dalam sehingga kalau kamu ingin menjaga agar mesin tetap bersih. Maka salah satu caranya adalah memastikan kalau oli yang kamu gunakan tidak masuk ke bagian dalam mesin. Karena kalau oli salah masuk maka bisa saja mengalami masalah di dalam mesinnya.

Salah satu ruangan yang tidak boleh dimasuki oleh oli adalah ruang bakar, dimana pastikan ruang bakar tetap dalam keadaan bersih. Karena kalau oli masuk ke dalam ruang bakar maka nantinya akan memiliki banyak masalah. Misalnya bisa saja terjadi penghambatan nantinya kalau sampai oli masuk ke dalam ruang bakar, bukannya membersihkan ruang bakar bahkan oli bisa menyebabkan masalah dalam mesin. Sehingga hal ini juga harus kamu perhatikan sebaik mungkin.

3. Bisa Mencegah Kebocoran Gas

Fungsi ring piston yang ketiga adalah bisa mencegah kebocoran gas. Dalam hal ini mesin memang cenderung sekali terkena yang namanya kebocoran sehingga pasti ada masalah yang terjadi jika kebocoran terjadi. Sehingga dengan menggunakan ring piston maka kebocoran yang dialami oleh mesin akan berkurang sehingga tidak akan separah pada saat belum menggunakan ring piston. Bukan hanya itu saja, ring piston juga akan membantu mencegah kebocoran.

Ring piston sendiri memiliki yang namanya seal sehingga seal ini memang sangat penting sekali berada di dalam mesin. Terutama kebocoran biasanya sering terjadi karena adanya pembakaran di dua titik. Sebut saja seperti piston dan silinder, dengan adanya pembakaran tersebut maka bisa saja menyebabkan masalah. Tetapi kalau kamu menangani dengan baik maka kebocoran terkait hasil pembakaran itu tidak akan terjadi sehingga hasilnya akan baik – baik saja dan tidak memiliki masalah yang berat.

4. Bisa Mengurangi Gesekan pada Dinding Mesin

Fungsi ring piston yang keempat adalah bisa mengurangi gesekan pada dinding mesin. Terkadang dengan melakukan hal tertentu bisa saja berpengaruh ke dalam mesin, salah satu halnya adalah bisa mengurangi gesekan. Karena pada dasarnya gesekan memang sering kali terjadi pada mesin sehingga kalau kamu menggunakan ring piston ini maka gesekan bisa saja berkurang secara perlahan – lahan. Lagi pula cara menguranginya memang mudah karena ring piston memang memiliki yang namanya pelumas.

5. Bisa Mengirim Panas

Dengan menggunakan ring piston saja maka kamu bisa mengirim panas sehingga ring piston ini memang sangat diandalkan. Sehingga dengan mengirimkan panas maka bisa bermanfaat bagi yang lainnya. Bahkan kamu bisa menghantarkan panas dari piston ke dalam dinding silinder. Sehingga dinding silinder tidak akan merasa kedinginan nantinya melainkan dinding akan tetap merasakan panas.

Beberapa fungsi ring piston di atas bisa kamu pahami dengan baik dan menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa simak juga ulasan bermanfaat lainnya seperti “Harga Ekspedisi Surabaya Balikpapan” pada artikel Vtconline sebelumnya yang mungkin bisa menjadi tambahan pengetahuan buat kamu yang sedang berrencana menggeluti hal tersebut.