Fungsi Batang Piston Pada Kendaraan Bermotor

Fungsi Batang PistonBerbicara masalah kendaraan bermotor tentunya kita harus mengenal tentang bagian-bagian yang membentuk kendaraan tersebut, dan ketika berbicara kendaraan bermotor kita juga dianjurkan untuk mengetahui bagian-bagian kendara itu da fingsi. Tentunya berbicara masalah kendaraan bermotor ada beberapa komponen penting yang perlu kita bahas dan bicarakan, seperti halnya berbicara mengenai mesin atau bagian yang dalam dalam mesin seperti piston.

Dalam sebuah kendara bermotor tentunya kita mengenal dengan istilah mesin, namun tidak hanya mengenal tentunya kita tahu bentuk mesin seperti apa, namun ada hal yang harus kita ketahui yang mana mesin memiliki komponen komponen yang sangat penting, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai batang piston yang mana batang piston sendiri merupakan komponen mesin kendaraan bermotor yang sangat penting yang mana tanpa batang piston ini mesin kendaraan bermotor kalian akan terganggu bahkan bisa dikatakan mati total.

Fungsi batang piston sendiri dalam mesin kendaraan bermotor yang pertama sebagai piranti, yang memiliki fungsi menghubungkan piston dengan poros engkel pada mesin, tujuannya supaya tenaga yang dihasilkan kendaraan bermotor kalian saat proses pembakaran pada mesin dapat di teruskan kepada poros engkol, sehingga menghasilkan tenaga lari yang kencang terhadap laju kendaraan bermotor kalian, tanpa batang piston tenaga yang dihasilkan tidak akan sampai pada engkol dan laju kendaraan kalian akan tersendat dan tidak akan keluar.

Dan fungsi batang piston yang kedua ialah sebagai piranti yang berfungsi untuk mendukung piston agar mesin kendaraan bermotor kalian bisa bergerak, atau dalam arti lain piston memiliki fungsi pendukung agar piston bisa bergerak naik turun pada silinder sehingga tidak terlepas dari tempatnya yaitu pada silinder. Artinya kalau kendaraan bermotor kalian dalam mesinnya kehilangan batang pistonnya maka yang akan terjadi kendaraan bermotor kalian tidak akan bisa melaju dengan kencang dan piston pada mesin kalian akan terlepas dari silindernya.

Fungsi Batang Piston Pada Kendaraan

Fungsi Batang PistonDan fungsi batang piston yang terakhir yaitu sebagai piranti yang berfungsi sebagai lengan tujuannnya untuk mengubah gaya naik menjadi gaya putar, kalau dalam mesin kendaraan kalian gaya yang dihasilkan hanya gaya naik maka mesin kendaraan bermotor kalian akan pecah atau meledak, nah disini perlunya adanya batang piston supaya utuk merubah gaya naik menjadi gaya putar, dan dalam merubah gaya tersebut batang piston ini kerjanya bersamaan dengan poros engkol, nah jelaslah bahwa fungsi batang piston juga sebagai penghasil tenaga pada kendaraan bermotor.

Namun pada dasarnya yang perlu kita ketahui batang piston ini memiliki sifat yang kaku dalam mesin kendaraan bermotor kalian, oleh sebab itu batang piston dapat meneruskan tarikan dan dorongan, sehingga batang piston akan dapat bisa merotasikan crank melalui kedua bagian yaitu piston tarikan, dan piston dorongan atau dorongan piston, dan ini hanya terjadi pada mesin dua tak, namun berbeda dengan mesin kendaraan bermotor 4 tak berbeda lagi dalam rotasi kerja pistonnya masing-masing.

Selain itu juga fungsi batang piston dalam mesin 4 tak, yang mana batang piston berfungsi sebagai perubah arah gerak, seprti halnya arah gerak melingkar pada mesin kendaraan bermotor kalian menjadi arah gerak linear, hal ini merupakan fungsi batang piston sebelum ada perkembangan dalam mesin kendaraan bermotor, sehingga batang piston pada saat itu hanya berfungsi hanya seputar itu dan fungsi lainnya menjadi fungsi stank seheur. Karena batang piston itu kaku jadi fungsinya hanya pada meneruskan tarikan dan dorongan.

Nah sebagai tambahan fungsi batang piston pada zaman sekarang pada kendaraan bermotor kendaran kalian sangatlah berat dan sangat teramat vital, antara lainnya fungsinya sebagai berikut; menghubungkan pisto dengan poros engkol,  atau sebagai kruk-as, kemudian mengubah gerak lurus yang diubah menjadi gerak purtar pada kruk-as, dan yang terakhir berfungsi sebagai pemindah gaya piston keporos engkol, dan yang terpenting memiliki fungsi membangkitkan momen, yaitu momen putaran poros engkol.

Jadi sudah jelas bahwa fungsi batang piston meskipun memiliki karakter yang kaku batang piston talah berfungsi sebagai penggerak tenaga pada kendaraan bermotor kalian, nah jelas sudah bahwa batang piston yang ada dalam kendaraan bermotor kalian memiliki fungsi yang sangat vital, bisa juga dikatakan tanpa batang piston pada mesin motor kalian, gaya lurus tidak akan menjadi gaya putar, jika hal itu terjadi maka kendaraan bermotor kalian tidak akan bisa melaju dengan sempurna melainkan akan tersendat-sendat dalam pergerakan lajunya.

Sekian pembahasan artikel kali ini mengenai fungsi batang piston pada kendaraan bermotor, yang mana secara keseluruhan pembahsan kali ini batang piston memiliki fungsi yang amat penting dalam kendaraan bermotor kalian, jadi oleh karena itu perhatikan batang piston kendaraan bermotor kalian jangan sampai bermasalah. Simak juga berbagai informasi menarik lainnya seperti “Penyebab Oli Power Stering Bocor” pada informasi sebelumnya.