6 Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak dan Penyebabnya

Inilah Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak Yang Wajib Anda Ketahui. Bagi anda para pengguna mobil pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kompresor AC? Ya, kompresor AC merupakan salah satu bagian yang sangat penting yang memiliki fungsi sangat besar di dalam sebuah mobil, dimana kompresor AC mobil ini berfungsi untuk mengkompres suhu dengan menekan bahan pendingin (refrigerant) untuk disalurkan ke bagian kondensor.

Untuk cara kerja dari kompresor AC ini sendiri akan mengikuti sistem pergerakan dari mesin mobil yang  akan menghisap bahan pendingin (refrigerant) yang kemudian akan diubah menjadi gas yang bertekanan panas. Setelah itu, gas tersebut akan dipompa supaya bisa masuk ke dalam kondensor yang nantinya akan mengalami suatu proses untuk diubah menjadi cairan yang dinamakan dengan kondensasi.

Cairan dari kondensor ini akan melewati receiver dryer sebelum menuju expansion valve supaya kotoran-kotoran yang terbawa bersamaan dengan cairan tersebut bisa disaring terlebih dahulu. Ketika sudah menuju expansion valve, maka gas tadi yang masih bertekanan tinggi akan diturunkan suhunya, sehingga membuat evaporator menjadi lebih dingin yang kemudian membuat udara di mobil anda menjadi dingin.

Hal ini menunjukkan bahwa peranan dari kompresor AC mobil ini sangatlah vital. Jika kompresor mengalami kerusakan maka anda tidak akan bisa merasakan sejuknya udara di dalam mobil anda. Tentunya hal ini sangat membuat tidak nyaman bukan? Oleh karena itu sebelum hal itu menimpa kepada anda, inilah ciri-ciri kompresor AC mobil rusak yang wajib untuk anda ketahui. Simak ulasannya di bawah ini ya!

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak

1. Suara AC Terdengar Agak Kasar

Ciri pertama yang perlu anda ketahui jika kompresor AC mobil anda rusak yaitu bunyi atau suara yang dihasilkan dari kompresor terdengar agak kasar. Jadi ketika AC mobil anda mulai dihidupkan, maka akan terdengar suara yang agak kasar yang bersumber dari ruang mesin, dan ketika AC dimatikan kembali maka suara yang terdengar kembali akan normal seperti semula.

Biasanya hal yang menyebabkan suara kompresor ini terdengar kasar dikarenakan terjadi kebocoran akibat oli kompresor yang berkurang atau habis. Tetapi terkadang bukan hanya diakibatkan oleh oli kompresor yang berkurang saja, melainkan jumlah freon yang ada di dalam mobil berkurang.

2. Kompresi Kompresor Yang Berkurang

Selanjutnya, ciri-ciri kompresor AC mobil rusak yaitu hembusan udara yang dikeluarkan oleh AC ketika pada saat awal-awal dihidupkan tidak terasa dingin. Tetapi, jika mesin mobil mulai berjalan, maka hembusan udara mulai dingin kembali.

3. Kompresor Mengalami Kebocoran

Jika di bagian body kompresor AC mobil anda terlihat basah maka dapat dipastikan kompresor anda ini mengalami kebocoran. Hal ini ditandai dengan udara yang dihembuskan oleh AC tidak beraturan.

Namun hal ini bergantung pada kebocoran yang terjadi. Jika kebocorannya semakin besar, maka freonnya pun akan cepat habis, sehingga anda tidak akan bisa merasakan sejuknya mobil anda. Tetapi biasanya freon di dalam mobil akan habis apabila telah mengalami kebocoran dengan waktu sekitar 1 sampai 6 minggu.

4. Rusaknya Magnetic Cluch

Ciri-ciri kompresor AC mobil rusak lainnya yaitu rusaknya magnetic cluch di dalam mobil. Pada umumnya hal ini bisa dirasakan apabila anda sedang bermacet-macetan atau ketika jalan merayap, dimana udara dingin yang dihembuskan oleh AC tidak ada sama sekali. Tetapi jika AC-nya dimatikan kemudian dihidupkan kembali maka AC-nya akan kembali hidup secara normal.

Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Penyebab Kompresor AC Mobil Mati

Komponen Kompresor AC Mobil

Yang namanya kerusakan, pasti ada penyebabnya. Nah bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja penyebab kompresor AC mobil rusak silahkan simak dibawah ini.

1. Oli Yang Tidak Cukup

Oli ini memiliki fungsi yang sama layaknya darah yang ada di dalam tubuh manusia. Jadi apabila oli mobil kekurangan oli pelumas maka sistem tidak akan bekerja dengan baik, otomatis berbagai permasalahan pun akan timbul, salah satunya yaitu akan muncul ciri-ciri kompresor AC mobil rusak. Biasanya jika sistem AC dirawat dengan baik oleh seorang teknisi yang professional maka kondisi level oli di dalam mobil akan di cek termasuk kondisi pompanya.

2. Jumlah Freon Yang Terlalu Banyak

Penyebab kerusakan kompresor AC mobil rusak yaitu dikarenakan jumlah freon yang terlalu banyak, dimana akan berdampak sangat fatal sekali pada kompresor AC mobil. Begitupun apabila jumlah freon yang ada terlalu sedikit.

Itulah ciri-ciri kompresor AC mobil rusak yang wajib anda ketahui. Nah jika ada salah satu dari ciri-ciri di atas yang anda alami, maka sebaiknya segeralah pergi ke bengkel AC mobil untuk diperbaiki. Hal ini dikarenakan masalah-masalah tersebut bisa langsung diperbaiki asalkan penanganannya tepat. Sehingga anda pun tidak perlu membeli kompresor AC mobil yang baru, karena harganya lumayan cukup mahal.

Nah demikianlah informasi yang kami sampaikan pada atikel vtconline.co.id kali ini. Semoga dengan informasi di atas kalian bisa memahami dengan betul apa saja ciri-ciri kompresor AC mobil mati serta mengetahui apa saja penyebabnya. Jangan lupa simak pula informasi kami sebelumnya mengenai cara tune up mobil Injeksi yang bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mengembalikan performa mobil seperti semula.