Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup & Penyebabnya

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup dari Berbagai Penyebab – Motor menjadi salah satu barang kebutuhan penting untuk masyarakat modern saat ini. Hampir semua pekerjaan membutuhkan kendaraan motor. Motor juga menjadi pilihan utama untuk mobilitas karena lebih praktis dan mudah dikemudikan. Maka tidak heran jika hampir semua orang di zaman modern ini memiliki motor pribadi. Bahkan ada yang menjadikan motor sebagai alat pekerjaan utama semisal profesi sebagai tukang ojek.

Karena peran motor yang begitu penting, performa motor selalu menjadi hal yang diutamakan. Gangguan pada performa motor bisa menjadi masalah bagi pemakainya. Banyak masalah yang mungkin terjadi pada motor. Salah satu masalah yang paling mengganggu adalah ketika motor tidak bisa hidup. Terlebih jika sedang terburu-buru, pasti hal tersebut sangat merugikan. Motor yang tidak menyala ditandai dengan tidak berfungsinya sistem starter.

Sistem starter merupakan rangkaian elektrik yang memutar poros sehingga tercipta pembakaran pertama pada mesin. Sistem inilah yang akan menjalankan proses menghidupkan mesin motor. Terdapat dua jenis sistem starter yaitu kick starter dan electric starter. Semua motor terbaru sekarang ini menggunakan sistem electric starter. Electric starter ini sangat mudah dijalankan untuk menghidupkan mesin. Hanya dengan sekali tekan, mesin motor akan menyala. Tapi permasalahan terjadi jika sistem ini tidak berfungsi sehingga motor tidak menyala.

Ada empat masalah umum yang menyebabkan motor tidak menyala ketika proses starter, yaitu masalah starter itu sendiri, masalah bahan bakar, masalah busi dan tekanan kompresi. Untuk berbagai masalah yang beragam tersebut, cara mengatasi motor tidak bisa hidup juga mungkin berbeda-beda. Inilah cara agar motor bisa menyala kembali dengan memperhatikan penyebabnya.

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

1. Tekan Rem dan Non-aktifkan Standar

Cara starter motor matic dan manual sekilas memang sama yaitu dengan menekan tombol starter. Namun khusus untuk motor matic, penekanan tombol starter harus diiringi dengan menekan rem. Tanpa menekan rem, maka proses starter tidak akan berhasil dan motor tidak akan menyala.

Jika sudah menekan rem motor tetap tidak menyala, barangkali standar masih aktif. Untuk itu, segera non-aktifkan standar, tekan rem dan tekan tombol starter pada motor matic, maka motor tersebut akan segera menyala.

2. Mengganti Relay Starter

Relay berfungsi sebagai pengalir arus utama pada starter. Relay juga bisa disebut sebagai jembatan yang menghubungkan arus baterai ke starter. Relay tersebut bisa diaktifkan dengan kunci kontak. Saat relay mengalami kerusakan, maka proses starter tidak bisa membuat motor menyala.

Untuk memastikan kondisi relay, coba lakukan pengetesan dengan menekan relay dan starter bersamaan. Jika ada ketukan, maka relay masih normal. Sementara jika tidak ada ketukan, itu berarti relay rusak dan solusinya harus diganti dengan yang baru.

3. Memperbaiki Korsleting

Cara mengatasi motor tidak bisa hidup selanjutnya adalah dengan terlebih dahulu mendeteksi korsleting yang mungkin terjadi. Hubungan singkat arus listrik bisa menjadi penyebab sistem starter mengalami korsleting. Jika ada bekas hitam dan terbakar, bisa dipastikan korsleting benar-benar terjadi.

Untuk cara memperbaikinya cukup mudah. Pertama, bagian yang terbakar bisa dibersihkan. Kemudian bagian yang terlepas bisa dipasang kembali. Jika ada bagian yang rusak dan tidak mungkin dipakai lagi, maka harus diganti dengan yang baru.

4. Memeriksa Tekanan Kompresi

Apabila mesin motor tidak menyala saat keadaan dingin atau ketika pagi hari, bisa jadi masalahnya tentang tekanan kompresi. Atau jika mesin baru bisa menyala setelah beberapa kali starter, penyebabnya juga bisa jadi sama. Mesin membutuhkan kompresi agar gas mudah terbakar.

Besarnya kompresi ini harus sebanding dengan tenaga yang dihasilkan. Kalau mesin gagal menyala, berarti kompresi tidak sebanding. Untuk mengatasinya, periksa dulu tekanan kompresi dengan alat compression tester.

5. Memperbaiki Busi

Kerusakan atau gangguan lain pada busi menjadi sebab paling umum mengapa motor tidak menyala. Biasanya api yang keluar dari busi teramat kecil atau bahkan tidak mengeluarkan api sama sekali.

Cara mengatasi motor tidak bisa hidup yang disebabkan masalah pada busi bisa dilakukan dengan memperbaiki busi. Bisa juga dengan mengganti busi baru jika kerusakan busi terlalu parah.

6. Memastikan Tekanan Bahan Bakar

Motor yang menggunakan sistem injeksi sangat bergantung pada pompa bahan bakar yang berfungsi menekan bahan bakar ke arah injector. Terdapat sebuah komponen dalam pompa tersebut yang menjaga tekanan bahan bakar tetap stabil meski mesin sedang mati. Jika terjadi masalah pada komponen tersebut, akibatnya mesin motor tidak bisa menyala.

Karena itu, untuk mengatasi masalah ini atau untuk menghindarinya sebaiknya periksa tekanan bahan bakar dan pastikan komponen tersebut bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu hal seperti ini juga wajib di perhatikan. Simak juga nih ulasan menarik sebelumnya menggenai “Penyebab Karburator Banjir” pada informasi sebelumnya.

Ada banyak masalah yang bisa jadi pemicu motor tidak hidup. Masing-masing penyebab juga memerlukan cara mengatasi yang berbeda-beda. Untuk cara mengatasi motor tidak bisa hidup maka penting bagi pemilik motor untuk mengetahui terlebih dahulu masalahnya. Tujuannya agar cara mengatasinya bisa efektif.