Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin & Penyebabnya

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin – Hal yang menjadi penyebab mengapa AC mobil tidak dingin bisa kamu ketahui dari fisik yang terlihat. Belajarlah peka terhadap lingkungan di sekitar. Sebab, semua yang ada di sekitar kita bisa dijadikan sebagai ilmu yang bermanfaat di kehidupan sekarang maupun yang akan datang.

Seperti halnya manusia yang butuh vitamin atau makan makanan bergizi agar tetap bisa dalam keadaan yang sehat. AC mobil tentu memerlukan perawatan khusus karena digunakan setiap hari. Hal ini dilakukan untuk  menjaga kondisinya supaya tetap baik. Minimal dengan membersihkannya secara rutin guna meminimalisir kerusakan dalam jangka pendek.

Ada banyak penyebab yang mengakibatkan ac mobil tidak dingin mulai dari kerusakan atau bahkan sampai penggunaan yang tidak tepat lalu kurangnya perawatan juga menjadi alasan kenapa ac mobil tidak dingin. Di samping juga kendala kerusakan dalam bagian-bagian ac tersebut yang harus di perbaiki.

Di samping beberapa hal diatas nyatanya menjaga ac agar memiliki umur yang panjang merupakan solusi paling baik ketimbang nantinya kamu harus memperbaiki jika terjadi kerusakan, karena biasa perbaikan ac mobil juga terbilang tidak murah. Nah dalam kesempayan kali ini VTCONLINE.CO.ID akan memberikan informasi menarik buat kamu menggenai Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin disertai perawatan yang benar.

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak DinginCara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

1. Fungsi AC Mobil

AC mobil menjadi perlengkapan utama di dalam mobil. Sebelum mengetahui penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui fungsi dari AC mobil. Hal ini karena ada banyak alasan yang menjadikan AC mobil memiliki peran penting saat digunakan berkendara, diantaranya sebagai berikut:

Mengontrol Temperatur Mobil

AC mobil mampu menyerap panas dalam kabin mobil dan menggantinya dengan udara dingin.  Tentunya, hal ini semata untuk membuat kita merasa nyaman ketika di dalam mobil.  Proses pendinginan terjadi ketika temperatur udara terasa panas. Sehingga kita sangat memerlukan pendingin udara.

Mengontrol Kelembaban

Udara yang dihasilkan AC mobil bukan hanya udara dingin biasa, melainkan juga hasil dari udara pengembangan embun. Temperatur  udara yang panas di luar, tidak cukup untuk mendinginkan udara di dalam mobil. Hal itu bisa terjadi jika kelembapan udara di dalam atau di luar mobil tinggi. Hal ini mungkin juga berpengaruh terhadap penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin.

Mencegah Kaca Mobil Berembun

Tahukah kamu jika AC mobil dapat digunakan sebagai pencegah kaca mobil agar tidak berembun? Ya, ketika hujan turun dengan lebat sedangkan kondisi AC rusak, maka suhu di luar mobil menjadi lebih dingin. Sedangkan suhu yang ada di dalam kabin malah terasa hangat. Perbedaan suhu yang mencolok antara di luar dan di dalam mobil menimbulkan embun pada kaca bagian dalam mobil. Sehingga, penting sekali untuk menjaga agar AC tetap menyala ketika hujan.

2. Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

ac mobil tiba-tiba tidak dingin dan bauPada ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin. Maka dari itu, simak ulasannya berikut ini:

Jarang Di Bersihkan

Debu dan kotoran yang menempel pada AC mobil menjadi alasan kuat mengapa AC tidak dingin. Hal ini karena debu dan kotoran yang bersarang akan menghalangi suplai udara yang ke luar dari dalam AC. Semakin banyak debu yang bersarang, maka suhu AC akan semakin tidak dingin. Maka dari itu, kamu harus selalu membersihkan lubang ventilasi AC secara intens. Kebiasaan ini cukup efektif untuk meminimalisir kemungkinan AC mobil yang tidak dingin.

Freon Hampir Habis

Penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin bisa ditinjau dari Freon yang ada di mobil. Sebagai pemilik mobil, kamu harus tahu tentang jadwal perawatan maupun jadwal lain yang berhubungan soal mobil, termasuk jadwal pengisian freon. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak kehabisan freon. Bila freon sampai habis, maka itu bisa memengaruhi AC mobil karena menjadi tidak dingin lagi.

Jika kamu hanya menyalakan AC, akan tetapi tidak ada hasil yang diberikan, maka itu hanya akan membuang-buang energi saja.  Jika kamu tidak menyadari dari awal, maka pemborosan energy tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, diperlukan perhatian khusus supaya AC mobil kamu tetap dalam keadaan baik.

Coil Rusak Atau Putus

Penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin bisa dilihat dengan bagian spul magnetic cluth yang putus. Bukan hanya putus, bahkan jika bagian tersebut mengalami kerusakan sedikit saja maka akan memengaruhi suhu Ac menjadi tidak dingin. Untuk memeriksanya, kamu bisa memperhatikan spul ketika kamu sedang meyalakan mobil.

3. Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Periksa Evaporator AC mobil

Memeriksa evaporator bisa dilakukan melalui gas tekanan rendah. Jika selang gas tekanan rendah berembun ketika AC mobil hidup, berarti evaporator dalam keadaan yang kotor. Maka segeralah membersihkannya agar AC mobil bisa kembali dingin.

Mengganti Extra Fan AC Mobil

Penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah dengan mengganti extra fan AC pada mobil. Jangan lupa untuk memeriksa freon serta pipa-pipanya. Sebab, benda tersebut bisa saja mengalami kebocoran yang dikarenakan tekanan yang tinggi.

Periksa Kondisi Kaca Film

Kaca mobil yang sudah lawas bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Hal yang perlu kamu lakukan yakni dengan mengganti kaca film dengan kualitas yang lebih baik. Misalnya seperti anti panas dan anti sinar UV. Dengan memperhatikan kondisi kaca film, maka hal ini dapat meminimalisir tidak dinginnya AC mobil.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi AC mobil tidak dingin. Dengan adanya artikel ini diharapkan dapat memantu kamu dalam mengatasi masalah terkait AC mobil yang tidak dingin. Simak juga nih ulasan menarik lainnya menggenai “Penyebab Motor Mati Mendadak” pada ulasan VTCONLINE.CO.ID sebelumnya yang mungkin bisa menambah wawasan kamu menngenai dunia Otomotif.