7 Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mati Total Berdasarkan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mati – Ada banyak sekali jenis motor injeksi yang diperjualbelikan di pasaran. Berasal dari berbagai merek, motor-motor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Meski demikian, beberapa perusahaan otomotif biasanya selalu mengupayakan pembaruan terkait mesin pada motor-motornya agar lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Salah satu pembaruan yang paling banyak dimodifikasi yakni penggunaan teknologi injeksi sebagai sistem bahan bakar motor.

Dikarenakan masih dalam tahap penyempurnaan setiap waktu, ada beberapa kendala yang terjadi pada mesin-mesin motor berinjeksi. Salah satunya mati total atau mogok di tengah jalan tentunya akan menjadi sebuah hal yang sangat tidak mengenakan.

Dalam kesempatan kali ini VTCONLINE.CO.ID akan memberikan informasi yang sangat menarik menggenai cara memperbaiki motor injeksi mati dengan sangat mudah. Berikut ini akan dijabarkan beberapa cara dan teknik dalam memperbaiki motor berinjeksi yang mati total berdasarkan sebab-musababnya.

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mati

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mati

1. Motor Mati karena Kehabisan Bahan Bakar

Pada umumnya, penyebab utama matinya motor injeksi disebabkan kehabisan bahan bakar. Pemilik kendaraan tidak segera mengisi ulang bahan bakarnya karena berasumsi atas ketercukupannya sampai tempat tujuan. Salahnya persepsi ini membuat kendaraan tidak segera mendapatkan haknya sehingga mati total.

Pengisian kembali bahan bakar menjadi solusi mudah cara memperbaiki motor injeksi mati total karena kehabisan bahan bakar. Gunakan starter manual bila motor tidak langsung menyala saat menggunakan starter otomatis. Hal ini untuk mengurangi risiko kerusakan lain pada stater motor elektriknya.

2. Motor Mogok karena Aki yang Menipis

Kondisi aki mungkin saja luput dari perhatian. Aki yang menipis akan menjadi salah satu penyebab matinya motor Anda di tengah jalan. Aki punya peranan penting untuk membantu pemompaan bensin dan memberikan kestabilan arus sistem kelistrikan pada motor. Jika aki habis, maka kondisi motor tidak dapat berjalan normal. Dengan pengecekan kuantitas aki berkala akan menjadi salah satu cara mencegah mati totalnya  motor injeksi.

3. Motor Tak Mau Hidup akibat Fuel Pump yang Bermasalah

Bagian fuel pump menjadi salah satu komponen mesin injeksi yang berfungsi sebagai pemompa bahan bakar. Jika motor tak mau dihidupkan akibat kerusakan pada fuel pump, maka kondisi motor tetap akan mati meskipun bensinnya terisi penuh. Hal ini dikarenakan motor tidak mendapatkan aliran bahan bakar karena fuel pump yang bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mendengarkan bunyi dengungan mesin yang dihasilkan sesaat setelah kunci motor dalam keadaan on.

4. Busi yang Bermasalah juga Menyebabkan Motor Mati Total

Busi merupakan salah satu komponen onderdil motor yang betugas dalam proses penyalaan dan pembakaran mesin. Jika busi tidak melakukan fungsinya dengan benar, maka bisa dipastikan kondisi motor akan lebih sering mati total.  Hal ini tentu akan mempengaruhi performa motor Anda.

Tak hanya pada motor injeksi saja, hal ini juga bisa terjadi kondisi motor berkarburasi. Oleh karena itu, cara mengantisipasi dan cara memperbaiki motor injeksi mati total karena businya, Anda harus memakai busi berkualitas, sehingga lebih awet dan tidak mudah berkarat.

5. Motor Mati Total karena Adanya Kerusakan Sensor

Motor berinjeksi memiliki sistem Efi yang menyertakan sensor di dalamnya. Sensor tersebut berfungsi sebagai indikator pengecekan kendaraan pada area tertentu. Ia juga akan mengirimkan data yang bermuatan aliran dan suhu udara intake dalam  motor. Saat motor mengalami kerusakan, maka sensor tidak akan berfungsi dengan benar.

Saat sensor menunjukkan gejala kerusakan, Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk diperiksa. Jika memang permasalahan ada pada salah satu sensor pada motor, maka perlu penggantian dengan barang baru. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan motor injeksi mogok terus menerus.

6. Motor Tidak Menyala karena Air atau Terjangan Banjir

Mogoknya motor injeksi karena terkena air atau terjangan banjir adalah hal yang biasa terjadi. Air bisa saja masuk melalui saringan udara dan menghambat kinerja mesin berjalan dengan optimal. Salah satu cara memperbaiki motor injeksi mati total karena faktor satu ini yakni dengan mengeringkan busi dan onderdil lainnya di dalam mesin.

7. Motor Tidak Menyala karena Masalah CDI

Jika motor Anda tidak mau menyala karena masalah CDI, maka Anda perlu melibatkan tenaga ahli untuk memeriksanya. CDI pada motor injeksi berfungsi sebagai salah satu komponen pendukung pengapian pada sistem pembakaran mesin. Masalah pada CDI biasanya ditandai dari munculnya suara-suara seperti ledakan dari dalam mesin.

Meski demikian, tak ada hal yang terlalu urgen untuk dikhawatirkan. Hal tersebut hanya sebagai indikasi bahwa motor Anda memiliki masalah. Segera antarkan ke bengkel terdekat agar bisa segera ditangani. Jika benar permasalahan matinya motor dikarenakan menyangkut CDI, biasanya Anda akan disarankan untuk menggantinya dengan CDI baru bisa juga parhatikan bagian BUSI Kendaraan.

Permasalahan yang terjadi pada motor injeksi cukup beragam. Ketika Anda mengetahui sebab utamanya, maka cara memperbaiki motor injeksi mati total dapat segera teratasi. Anda perlu melakukan pengecekan, service, dan perawatan umum agar motor tetap stabil saat digunakan. Segera konsultasikan permasalahan yang terjadi pada motor Anda bila dirasa ada hal-hal ganjil yang terjadi. Dengan demikian, tindakan pencegahan atau penggantian onderdil dapat segera dilakukan.