Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer & Perawataan

Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer  – Onderdil untuk kendaraan bermotor seperti mobil dan motor yang cukup memiliki peran signifikan adalah speedometer. Di sekitar speedometer, terdapat pula sebuah roda penggerak di bagian belakang yang melalui gearbox dan rantai motor. J

ika semuanya berjalan normal, maka Anda dapat mengendarai motor atau mobil dengan seimbang  tanpa kendala. Maka dari itu merawat bagian-bagian yang kecil tersebut juga merupakan sebuah kewajiban bagi pemilik kendaraan.

Dengan memiliki kendaraan yang terawat dengan baik pastinya akan memberikan rasa aman bagi pengendarannya saat nantinya menggunakan kendaraan tersebut. Kali ini VTCONLINE.CO.ID akan memberikan informasi menarik menggenai Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer Kendaraan dan perawarannya

Terkadang, dalam penempatan beberapa onderdil, terdapat beberapa part yang dipasang kurang pas atau tidak sesuai ukuran. Hal itu dapat menjadi kendala terhadap mesin dan bisa mengakibatkan motor atau mobil Anda bermasalah ketika digunakan. Kombinasi dengan perawatan yang tidak maksimal membuat gear motor atau mobil Anda lebih cepat rusak.

Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer

Cara Memperbaiki Gearbox Speedometer

1. Penyebab Gearbox Speedometer  Cepat Rusak

Di antara penyebab gearbox pada mesin motor dan mobil lebih cepat rusak dan aus karena beberapa hal berikut ini.

  • Membiarkan mesin panas terlalu lama
  • Ketidakseimbangan ukuran gear depan dan gear belakang
  • Pemeriksaan oli matic yang tidak teratur
  • Membawa beban angkut yang terlalu berat dalam tempo yang lama
  • Terlalu banyak menginjak pedal gas mobil saat terjebak pasir atau kubangan
  • Terlalu cepat dalam berkendara dalam jarak jauh

2. Cara Membuka Gearbox Speedometer pada Motor

Secara umum, membuka gearbox speedometer tidak terlalu sulit, bahkan bagi Anda yang tidak berasal dari lulusan teknik mesin atau teknik kendaraan. Pertama yang harus dilakukan yakni mengeluarkan oli dalam gearbox speedometer. Kedua, Anda baru bisa melepaskan packing dari dearbox frame, kemudian membuka baut pengikat dari out cover hingga shaft terlepas.

Ketiga, Anda bisa melepas worm wheel dan worm shaft untuk diperiksa. Jika memang bermasalah, Anda bisa menggantinya. Jika tidak terdapat masalah yang signifikan, Anda bisa mengupayakannya dengan pembersihan dan perawatan mandiri di rumah tanpa perlu ke bengkel. Setelah Anda mengetahui cara membukanya, maka akan lebih mudah untuk mengaplikasikan cara memperbaiki gearbox speedometer secara mandiri.

3. Cara Merawat dan Memperbaiki Gearbox secara Mandiri

Merawat dan memperbaiki gearbox cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan oli mesin bekas atau cairan pemutih, sebuah mangkuk wadah, dan kuas sebagai alatnya. Pertama, beri greese pada gear speedometer yang akan dirawat. Sebagian besar orang mengabaikan hal ini karena tidak mempermasalahkan waktu tempuh  dan jarak kendaraan yang dilalui dalam sekali waktu perjalanan.

Kedua, bongkar roda yang berada di depan gearbox speedometer. Anda perlu mengendurkan mur as dan lepas poros yang ada pada roda depan dan belakang. Kemudian lakukan pengecekan pada bagian mangkuk yang tersambung dengan kabel speedometer. Di situlah bagian gearbox terpasang.

Ketiga, buka bagian gearbox dan lakukan pembersihan dengan bensin, oli atau cairan pembersih lainnya. Bila sudah selesai, Anda dapat mengeringkannya dan merakitnya kembali seperti semula. Cara memperbaiki gearbox speedometer ini cukup terbilang mudah dan tidak ribet.

4. Tips Saat Memeriksa Gearbox Speedometer

Setelah mengetahui cara membuka dan mewarat gerigi nanas pada speedometer ini, kini saatnya melakukan pemeriksaan. Anda bisa berpatokan pada beberapa tips berikut ini.

  1. Mengetahui Diameter Poros Input dan Output

Ketika Anda mengetahui ukurannya, maka lebih mudah mendeteksi tingkat keausan yang terjadi di dalamnya. Tak hanya itu saja, tingkat keausan worm shaft serta whorm sheel juga menjadi tolok ukur yang penting. Hal ini dikarenakan bila keduanya terlalu tipis, maka dapat berpengaruh pada kinerja gearbox speedometer. Lebih jauh, akan mempengaruhi performa kendaraan bermotor Anda.

  1. Memperhatikan Bagian Segel Minyak Oli

Jika Anda mengamati bagian segel, maka dapat dicek kebocoran di dalamnya. Bila terjadi kebocoran, maka dapat segera diatasi dengan melakukan pergantian komponen gearbook speedometer yang bocor tersebut. Dengan demikian, masalah tidak akan berlanjut lebih jauh karena dapat langsung dicarikan solusinya.

  1. Memperhatikan Packing Gearbox Speedometer

Memperhatikan packing bisa menjadi salah satu cara memperbaiki gearbox speedometer yang bermasalah. Jika baut pengikat gerigi nanas ini sudah berkarat atau kendor, maka hal tersebut akan menjadi salah satu faktor yang memperlambat proses perputaran rantai motor atau mobil. Jika dibiarkan, performa kendaraan bermotor Anda akan berkurang.

  1. Melakukan Pengecekan Kabel Speedometer

Kabel ini biasanya terhubung antara sumbu roda depan gearbox dan speedometer. Kerusakan bisa terjadi bila kabel tersebut tidak berada dalam posisinya karena tertekuk atau tertarik sesuatu dari luar. Dari permasalahan tersebut, Anda dapat memperbaikinya dengan mengatur ulang lokasi kabel yang tidak sesuai agar tertata seperti sedia kala. Namun, bila kabel tersebut terputus, maka langkah penggantian adalah hal yang paling tepat dilakukan.

Setelah mengetahui beberapa tips dan cara memperbaiki gearbox speedometer di atas, diharapkan bahwa pemilik kendaraan bermotor lebih peka dan punya intuisi yang lebih cepat ketika mendapati ada sesuatu yang tidak benar dalam kendaraannya. Pengecekan secara mandiri bisa dilakukan pada tahap awal. Akan tetapi bila Anda memerlukan bantuan ahli, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk ditangani.