Cara Membuat SIM Online Terbaru 2019 : Mudah & Cepat

Diposting pada

Cara membuat SIM Online 2019 – Menjadi warga negara yang baik serta taat pada peraturan yang berlaku pastinya kita harus mematuhi peraturan-peraturan yang ada. Seperti halnya Udang-Undang yang mengatur tentang tata tertib berlalu lintas. Salah satu undang-undang yang mengatur tata tertib berlalu lintas adalah undang-undang no. 22 tahun2009.

Mengingat hal tersebut kita sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) jika kita ingin mengandarai kendaraan bermotor. Ada beberapa jenis SIM yakni SIM A, SIM C, SIM B I, SIM B II dan SIM D. Untuk membuat SIM itu sendiri kita diwajibkan untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, sehingga proses pembuatan SIM bisa berjalan lancar.

Nah, di tahun 2015 yang lalu Korlantas (Korps Lalu Lintas) telah meresmikan sebuah layanan pembuatan SIM dengan cara online. Hal ini tentu saja akan memberikan kemudahan bagi para pemohon untuk membuat SIM tanpa harus ribet dan lama mengantri di kantor pembuatan SIM. Tak hanya untuk mengurus pembuatan SIM baru saja, tapi layanan SIM online ini juga melayani perpanjang masa berlaku SIM.

Meski layanan ini berbasis online namun bukan berati kalian bisa melakukan hal ini sendiri tanpa mengetahui bagaimana cara membuat SIM online. Kalian tentu harus tau cara dan ketentuan membuat SIM online ini sehingga kalian bisa mengurus poses pembuatan SIM ini dengan mudah dan cepat. Berikut Cara Membuat SIM Online Terbaru, yang bisa menjadi panduan kalian dalam mengurus pembuatn SIM baru.

Cara Membuat SIM Online Terbaru 2019

Cara Membuat SIM online

Cara membuat SIM Online

Cara membuat SIM online memang terbilang cukup mudah dan praktis, pasalnya kita hanya cukup membuka website resmi dari Polri. Dan kalian akan di pandu untuk mengisi data dan beberapa ketentuan serta syarat dalam membuat SIM secara online. Dan berikut adalah beberapa cara membuat SIM online, yang wajib kalian penuhi agar prosesn pembuatan SIM berjalan dengan lancar.

  1. Untuk langkah awal dalam membuat SIM online adalah anda harus menyiapkan berkas persayratan pembuatan SIM seperti foto copy KTP serta beberapa persayatan lainya.
  2. Setelah itu anda silahkan buka website resmi Polri yakni http//:sim.korlantas.polri.go.id.
  3. Setelah website terbuka anda akan disajikan dengan beberapa menu. Dan pilihlah menus pendaftaran SIM online.
  4. Untuk langkan membuat sim online selanjutnya akan ada 2 jenis permohonan. Untuk membuat SIM baru silahkan anda pilih jenis permohonan membuat SIM baru. Setelah itu isilah folmulir atau data permohonan SIM baru, lalu ikuti alur pendaftaran berikutnya.
  5. Jika sudah, input kode verifikasi untuk memastikan proses ini dilakukan oleh sipemohon. Dan jika semua data yang ditampilkan benar mak klik tombol kirim. Porsedur cara membuat SIM online selanjutnya adalah anda tinggak menunggu sampai muncul tampilan sukses registrasi.
  6. Dan dengan otomotis akan terkirim sebuah email sebagai bukti registrasi online yang berhasil.
  7. Setelah proses pendaftaran berhasil, pemohon dapat langsung melakukan pembayaran di ATM, EDC atau Teller di seluruh lokasi BRI.
  8. Setelah itu anda diharuskan datang ke lokasi Satpas/Gerai/SIM keliling yang telah dipilih oleh anda saat pendaftaran dan jangan sampai lupa untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter. Pada umumnya surat keterangan dokter dalam prosedur cara membuat SIM online ini nantinya menjadi satu paket dalam proses pengajuan SIM baru. Dan jangan lupa membawa bukti pembayaran dan bukti registrasi.
  9. Tahap berikutnya dalam cara membuat SIM Online adalah kalian harus melakukan identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian yang berupa proses pengambilan foto, tanda tangan dan sidik jari.
  10. Jika sudah kalian hanya tinggal menunggu serta menjalani ujian teori dan ujian praktek. Dan jika dinyatakan lulus SIM baru siap untuk dicetak dan hanya tinggal menunggu pencetakan SIM baru selesai.
  11. Untuk biaya dalam membuat SIM online umumnya berikisar antara Rp 100 ribu sampai dengan Rp 120 ribu.

Nah gimana guys cukup mudahkan cara membuat SIM online ini ? dengan layanan pembuatan SIM secara online pastinya kalian akan menjadi lebih praktis dan lebih cepat dalam mengurus pembuatan SIM baru. Namun hal yang cukup ribet dalam proses ini ialah pada proses ujian teori maupun praktek. Sebab meski syarat dan ketentuan pembuatan SIM baru telah terpenuhi, namun jika tidak lulus ujian praktek maupun ujian teori maka SIM barupun tidak bisa dibuat ataupun dicetak.

Cara Memperpanjang SIM Online

Cara Perpanjang SIM online

Selain mengurus pembuatan SIM baru, layanan SIM online ini juga bisa memperpanjang masa berlaku SIM yang akan segera habis. Akan tetapi tak sedikit orang yang mengetahui cara memperpanjang SIM online ini, karena kita juga memperlukan panduan cara memperpanjang SIM online agar proses pengajuan bisa berjalan lancar. Berikut adalah cara memperpanjang SIM online terbaru.

  1. Seperti cara membuat SIM online baru, dalam proses perpanjang masa berlaku SIM yang pertama anda harus memenuhi berkas dan persyaratan dalam memperpanjang SIM seperti foto copy KTP dan SIM lama.
  2. Setelah itu silahkan anda kunjungi website http//:sim.korlantas.polri.go.id.
  3. Selanjutnya anda tinggal pilih menu registrasi online.
  4. Dari beberapa menu tersebut, pilih menu pendaftaran SIM baru.
  5. Jika sudah kalian akan disajikan dengan beberapa informasi pendaftaran SIM online. Klik lanjut maka akan muncul form permohonan pendaftaran online.
  6. Dan yang perlu digaris bawahi pada saat perpanjang SIM maka anda cukup pilih jenis permohonan perpanjang SIM. Kemudian isi beberapa kolom pada form permohonan tersebut sesuai dengan yang di inginkan. Lalu tekan tombol lanjut dan ikuti alur pendaftaran pada cara memperpanjang SIM online.
  7. Apa bila sudah, prosedur dalam cara memperpanjang SIM online berikutnya adalah kalian perlu melakukan input kode verifikasi yang berfungsi untuk memastikan jika proses ini benar-benar di ajukan oleh si pemohon. Dan apabila data yang ditampilkan sudah benar maka klik tombol kirim. Setelah itu tunggu hingga muncul pemberiktahuan sukses melakukan registrasi.
  8. Dan secara otomatis, akan ada email sebagai bukti registrasi online telah berhasil.
  9. Setelah anda mendapatkan bukti registasi online, maka lankah selanjutnya dalam cara memperpanjang SIM online adalah dengan melakukan pembayaran di ATM, EDC dan Teller BRI.
  10. Setelah itu, bawa bukti pembayaran tersebut ke Satpas/Gerai/SIM keliling yang telah dipilih pada saat pendaftaran dan jangan lupa membawa surat keterangan sehat dari dokter. Pada umumnya surat keterangan dokter ini nantinya sudah jadi satu paket dalam proses pengajuan SIM baru.
  11. Pada tahan selanjutnya dalam cara memperpanjang SIM online adalah kalian tinggal melakukan pengambilan foto, tanda tanagan dan sidik jari dan menunggu hingga SIM yang baru diperpanjang.
  12. Perlu ada ketahui biaya untuk memperpanjang SIM ini biasanya berkisar antara Rp 75 ribu untuk SIM C dan Rp 80 ribu untuk jenis SIM A.

Jika di urutkan dari depan, proses perpanjang SIM ini nampaknya tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan SIM baru. Hanya saja, syarat administrasinya lebih sedikit dan tidak perlu melakukan ujian teori dan ujian praktek seperti halnya dalam proses pembuatan SIM baru. Jadi gimana guys cukup mudah dan praktis bukan dengan layanan SIM online ini ?

Setalan kalian mengetahui cara membuat SIM online dan cara memperpanjang SIM online, pastinya kalian tidak perlu ribet datang ke kantor pembuatan SIM untuk mengantri dalam melakukan proses pebuatan SIM baru ataupun memperpanjang SIM. Demikian informasi mengenai cara membuat SIM online terbaru, semoga bermafaat ikuti terus artike-artikel terbaru dari kami tentang Harga Motor Yamaha Terbaru, hanya di Vtconline.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *