Biaya Balik Nama Motor Online 2020 : Syarat dan Cara Mengurusnya

Biaya Balik Nama Motor Online – Motor sebuah kendaraan pribadi yang cukup populer di Negara kita. Namun, harga motor yang mencapai puluhan juta rupiah tidak membuat semua orang dapat membeli motor baru. Sehingga banyak orang yang memilih untuk membeli motor bekas atau motor second.

Dibandingkan dengan motor baru, motor bekas atau second memang memiliki harga yang lebih murah dan lebih terjangkau. Selain itu dengan cara pemilihan sepeda motor bekas yang benar kalian juga bisa mendapatkan sebuah motor second dengan kualitas yang masih bagus. Hal ini tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri bagi anda.

Akan tetapi pada ulasan kali ini kami tidak akan membahas mengenai harga motor bekas maupun cara memilih motor second. Tapi kali ini kami akan mengulas sedikit cara dan biaya balik nama motor secara online terbaru saat ini. Nah untuk mengetahui hal ini, berikut adalah Biaya Balik Nama Motor Online beserta syarat dan cara mengurusnya.

Biaya Balik Nama Motor Online Terbaru

Biaya Balik Nama Motor

Untuk jual beli motor bekas atau motor second memang ada hal yang paling penting untuk kalian ketahui. Yakni mengenai cara dan biaya balik nama motor, hal ini menjadi sangat penting, karena jika anda tidak melakukan balik nama anda akan kesulitan apabila di kemudian hari anda tersangkut masalah hukum yang berkaitan dengan motor anda.

Dan jika anda melakukan balik nama motor, misalnya untuk memperpanjang STNK atau mutasi kendaraan, di kemudian hari anda pastinya akan bolak-balik dalam meminjakm KTP kepada sang pemilik. Nah, untuk mengetahui cara dan biaya balik nama motor, berikut adalah Cara dan Biaya Balik Nama Motor Online Terbaru.

1. Syarat Balik Nama STNK Motor

Untuk mengurus balik nama motor, anda bisa melakukanya di Samsat terdekat yang ada di Kota anda. Biasanya satu atap dengan Dinas pendapatan Daerah (Dispenda) setempat. Akan tetapi sebelum anda datang ke Samsat, pastikan anda telah melengkapi beberapa persyaratan dokumen.

Kami sarankan untuk kalian melakukan cek dan ricek, pada berkas yang kalian bawa. Pasalnya apabila berkas anda kurang lengkap, berkas tersebut akan dikembalikan. Hal ini tentu saja akan membuat proses balik nama motor anda menjadi panjang dan berbelit-belit. Dan berikut adalah beberapa persyaratan yang harus anda lakukan untuk mengurus balik nama motor anda.

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli disertai dengan fotocopy STNK. Untuk amanya kami sarankan untuk anda melakukan fotocopy STNK anda sebanyak dua hingga tiga lembar.
  • KTP anda sebagai pemilik yang baru, sama seperti STNK berikan KTP asli dan sertakan juga fotocopy KTP anda.
  • BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermoator) yang asli dan disertai dengan fotocopy BPKB.
  • Kwitansi atau tanda bukti jual beli motor. Khusus untuk tanda bukti jual beli ini, anda perlu membubuhi tanda tangan anda serta pemilik lama motor tersebut, diatas materai Rp 6000,-.
  • Berkas cek fisik motor yang anda dapatkan dari Samsat.

2. Cara Balik Nama STNK Motor

Untuk melakukan balik nama motor langkah yang pertama anda lakukan adalah datangb ke kantor Samsat yang terdekat di kota anda. Sebelum ada pergi kekantor samsat kami sarankan untuk memeriksa semua berkas dan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk proses balik nama STNK Motor.

Nah, agar proses balik nama motor anda berjalan dengan lancar anda perlu mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan. DAn khusus untuk KTP asli dan fotocopy, STNK asli dan Fotocopy serta BPKB fotocopy dijadikan dalam satu berkas dan dimasukan kedalam amplop.

Untuk pengurusan STNK , anda bisa datang ke Samsat sesuai dengan domisili pemilik motor yang baru. Namun jika balik nama dilakukan anta daerah, maka anda harus mengurus proses cabut berkas di samsat sesuai dengan domisili pemilik motor asli.

Khusus untuk beda wilayah, misalnya balik nama dari kota bogor ke jakarta barat. Maka sebelum mengurus balik nama STNK di Samsata Jakarta Barat, kalian harus melakukan cabut berkas terlebih dahulu di Samsat kota bogor. Setelah itu, kalian baru mengurus proses balik nama motor kalain di Samsat Jakarta Barat.

Setelah itu lakukanlah cek fisik motor anda dengan cara membawa kendaraan tersebut ke Samsat. Kemudian petugas akan melakukan prosedur cek fisik motor anda, dan kemudian anda akan diberi form hasil cek fisik untuk kemudian nantinya diserahkan berserta seluruh berkas yang sudah anda siapkan sebelumnya. Dan jangan lupa lengkapi data-data kosong pada form tersebut.

Khusus untuk proses balik nama, anda perlu pergi ke loket pengesahan cek fisik khusus tukar nama. Jangan sampai salah karena di Samsat prosedur cek fisik sudah menjadi prosedur rutin untuk berbagai pengurusan STNK. Setelah berkas lengkap, tentunya setelah seluruh berkas anda di fotocopy sebagai arship, anda bisa datang ke loket pendaftaran balik nama.

Tunjukan berkas-berkas anda kepada petugas untuk diperiksa kelengkapnya. Setelah di cek kelengkapanya, anda akan diberikan folmulir yang harus di isi sesuai dengan KTP, STNK maupun BPKB kendaraan bermotor yang ingin anda beli. Dan setelah di isi sialhkan anda mengambil folmulir tersebut di loket yang lain. Setelah itu tunggu kembali untuk dipanggil.

Setelah dipanggil anda akan diberikan BPKB dan KTP asli, serta tanda terima berkas (sebagai bukti jika berkas anda sedang diproses). Simpan berkas ini karena anda harus menggunakannya untuk pengambilan kembali kira-kira 2-5 hari. Nah, dihari lain seperti yang di janjikan petugas, silahkan kembali datang dengan membawa tanda terima berkas dan BPKB asli.

Serahkan ke loket balik nama serta fotocopy berkas-berkas awal. Setelah itu barulah diberikan invoice pajak untuk segera dibayarkan. Setelah itu datang ke loket pembayaran untuk memabayar pajak. Setelah dibayarkan anda akan menerima STNK baru.

3. Syarat Balik Nama BPKB Motor

Jika proses balik nama STNK dapat dilakukan di Samsat terdekat, maka proses balik nama BPKB motor bisa dilakukan di Polda sesuai dengan daerah domisili anda sebagai pemilik baru. Dan beriku dalah Syat balik nama BPKB motor :

  • Fotocopy STNK baru. Ingat, yang perlu di fotocopy adalah STNK yang telah dibalik nama menjadi pemilik anda.
  • Fotocopy KTP pemilik baru.
  • Fotocopy BPKB motor yang ingin dibalik nama.
  • Fotocopy hasil pegesahan cek fisik.
  • Fotocopy kwitansi pembelian motor yang ditanda tangani oleh penjual dan pembeli diatas meterai.
  • BPKB asli.

4. Cara Balik Nama BPKB Motor

Setelah melengkapi berkas-berkas tersebut anda bisa datang ke Polda terdekat, kemudian anda akan diminta menyerahkan berkas dan akan diperiksa oleh petugas Polda. Dan jika berkas anda telah lengkap anda akan diberikan tanda bayar ke bank sebesar Rp 80.000,-. Anda bisa langsung bayar diloket bank yang tersedia.

Biasanya di Polda terdapat bank BRI ataupun bank daerah domisili. Setelah membayar biaya balik nama, anda diberikan kembali folmulir untuk di isi. Setelah anda mengisi forlmulir tersebut, kemudian anda serahkan kepada petugas untuk dicek. Setalah itu anda akan diberikan tanda terima bukti jika BPKB telah terdaftar dan dalam proses balik nama.

Setelah itu biasanya anda akan disuruh datang kembali di lain hari jika BPKB tersebut sudah di jadi. Dan saat pengambilan BPKB anda hanya perlu mengantri dan langsung berikan tanda terima dan fotocopy KTP. Setelah itu Polda kan mencocokan data anda dengan BPKB yang baru akan diberikan.

5. Biaya Balik Nama Motor

Untuk biaya balik nama motor mungkin bervariasi pada setiap daerah. Biaya yang kami cantumkan dibawah ini adalah biaya balik nama motor di Samsat Metro Jaya (DKI Jakarta). Namun pada umumnya perbedaan biaya antar daerah tidak terlalu banyak

Untuk lebih jelasnya lagi mungkin anda bisa langsung melakukan kroscek ke laman website Samsat tempat anda ingin mengurus STNK dan BPKB anda. Berapa biaya balik nama motor yang perlu anda kenali adalah sebagai berikut.

  1. SWDKLLJ (Sumbangan Wajin Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Merupakan dana suka rela dari wajib pajak kendaraan bermotor sebagai dana asuransi apabila terjadi kecelakaan di jalan raya. Untuk pemilik motor besarnya adalah Rp 35.000,-.
  2. Biaya administrasi, total biaya tetek bengek yang perlu diberikan sebagai imbal jasa pengurusan balik nama motor adalah sebesar Rp 80.000,-.
  3. Biaya pembuatan BPKB, merupakan biaya yang diperluakan untuk membuat BPKB baru kendaraan bermotor anda adalah sebesar Rp 80.000,-.
  4. Biaya cetak STNK adalah sebesar Rp 50.000,-
  5. Biaya pembuatan nomot polisi adalah biaya yang anda keluarkan untuk mencetak nomor Polisa baru motor anda. Biaya pembuatan nomor Polisi untuk motor adalah sebesar Rp 30.000,-.
  6. Biaya balik nama (BBN KB), nah biaya inilah yang biasanya paling tinggi. Besarnya pun bervariasi tergantung nilai kendaraan bermotor yang anda beli. Namun patokan biaya balik nama adalah 2/3 x pokok pajak di SKDP.
  7. Biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang besaranya tergantung pada jenis, harga maupun usia motor. PKB ini tercantum di STNK pemilik lama motor anda.

Nah, hal yang paling membingungkan, terutama bagi cara menghitung biaya balik nama karena nilainya tergantung dengan pokok pajak motor anda. Pertama-tama anda harus tahu berapa biaya pokok pajak motor milik anda.

Biaya pajak pokok (PKB) motor yang harus dibayarkan adalah sebesar 1.5% dari nilai jual motor. Nah apalagi motor bekas, bisa jadi motor ini mengalami penyusutan seiring dengan perkembanganya nilai jual motor dari hari ke hari. Meski demikain nilai PKB dapat dilihat berdasarkan PKB tahun lalu yang tercantun pada STNK pemilik lama.

Nah, demikian informasi biaya balik nama motor beserta cara dan syarat mengurusnya. Semoga dengan informasi ini kalian menjadi lebih mudah dalam mengurus balik nama motor anda. Demikian infromasi dari kami semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa terus baca artikel vtconline.co.id lainya mengenai Cara Membuat KIA Anak.